Langsung ke konten utama

Pengalaman Lolos Ujian Mandiri di Universitas Brawijaya 2015





Universitas Brawijaya... 
Salah satu daftar kampus yang masuk dalam deretan universitas bergengsi di Indonesia. Oleh karena itu ga heran kalau banyak pelajar yang harus gigit jari jika tereliminasi dalam rangkaian tes yang di selengkarakan oleh UB. Jadi buat kalian para pembaca khususnya pelajar yang sudah menyempatkan membaca postingan saya kali ini, saya ucapkan selamat bagi kalian yang di terima menjadi salah satu bagian di Universitas Brawijaya. Yang belum lolos.. jangan berkecil hati, tetap semangatt yaa, perjalanan kalian masih panjang, jangan stuck, bangkit dan kobarkan kembali api semangat kalian :)

Dan untuk kalian adik-adik yang berminat untuk masuk UB saya sarankan mulai dari sekarang untuk mencicil materi dan soal-soal untuk masuk PTN, jangan sampai UN menjadi penghalang kalian untuk fokus dalam mencari PTN yang kalian inginkan (Eittss bukan berarti kalian menyepelekan UN juga yaa, intinya harus sama-sama seimbang) Fighting!!!


Saya adalah salah satu dari sekian banyak pelajar yang lolos ujian masuk Universitas Brawijaya, lebih tepatnya ujan mandiri UB 2015. Saya lolos jurusan yang sangat saya impikan sejak saya dari SMP dulu, yaitu Psikologi Brawijaya. Woww rasanya itu benar-benar campur aduk, antara senang, histeris,nangis, ketawa campur jadi satu deh. Saking senangnya saya peluk semua anggota keluarga saya sambil nangis bahagia, kalau inget-inget masa itu saya pingin ketawa sendiri, hihi.






Kampus Fisip ^^

Well saya mau cerita sedikit pengalaman saya mengikuti ujian mandiri di UB. Saya waktu itu sebetulnya ingin sekali masuk Psikologi Unud di Bali. Jadi jalur undangan/SNMPTN, SBMPTN, dan pilihan saya yang pertama adalah harga mati Psikologi. Haha ngebet banget yah :') dan saya gagal, rasanya itu dada sesak seketika, saya menangis seharian penuh sampai air mata benar" kering. Benar-benar pasrah dan bisa di bilang mulai sedikit depresi. Akhirnya saya mulai searching di internet untuk pendaftaran ujian masuk mandiri di universitas lainnya.

Jujur, awalnya sama sekali engga berpikir untuk kuliah di luar, jadi pikiran saya saat itu adalah Unud, benar-benar cinta Bali pokoknya hehe. Sampai satu titik saya sudah benar-benar pasrah, akhirnya semua pendaftaran mandiri univ diluar saya pelan-pelan lihat untuk tanggal tesnya. Pertama adalah UNDIP, saya sangat kecewa karena pendaftaran sudah ditutup padahal tesnya dilaksanakan di sekolah saya dulu huhu. Okee sambil menghibur diri, saya iseng-iseng buka FB, dan waktu itu mata saya terbelalak ternyata masih ada pendaftaran yang buka dan itu UB. Oke fix dalam hati saya berkata, " Aku harus ikut tes disini gimanapun caranya". 

Bundaran di Universitas Brawijaya


 Awalnya orang tua saya kurang setuju, tapi karena saya memohon" dan ingin mencoba untuk tes disana, jadi masalah lolos dan engga lolosnya itu urusan nanti, yang penting ada kesempatan sikaattt, wkwkwk.

Dengan bermodal hanya dua buku (Materi+Soal) dan tidak ikut bimbel sama sekali, saya pun nekat untuk ikut tes di Malang. Perjalanan yang ditempuh Dps-Malang adalah 13 jam, dan pertama kalinya naik travel, rasanya badan cukup pegal padahal hanya duduk saja.


Sesampainya di Malang, saya menginap di Amaris Hotel, small hotel but clean, cari makan ga perlu ribet, tinggal toleh kiri ada tempat makan, praktis. Oh ya dekat sama Bakso President juga lho.. sayang saya ga sempet nyobain gara" tutup hikss. *nyambung ke wisata kuliner*


Di UB saya cek lokasi pada hari itu juga, biar besok saat tes ga perlu ribet lagi untuk mencari lokasinya. 





Fakultas Ilmu dan Budaya

Lokasi saya untuk tes di UB



Hi Malang

 Dan besoknya saat hari H saya bangun subuh-subuh untuk baca setidaknya sedikit materi, siapa tau membantu. Sebenarnya perlu adaptasi yang cukup besar dimana saya dulunya jurusan IPA sekarang ikut tes jurusan IPS. Tapi saya percaya, dengan usaha dan semangat yang tinggi pasti bisa :)

Tes mulai pukul 9 pagi, dan saya berangkat pukul setengah 8 pagi. Sialnya selama 1jaman lebih taxi yang saya tumpangi kejebak macet yang panjang gara-gara banyaknya pelajar yang ikut tes di UB. Untung bunda sigap, kami memilih untuk berjalan kaki dengan cepat. Saya terlambat 10 menit, saat itu kondisi saya bermandikan keringat, antara gugup dan jalan tadi yang cukup jauh. Pada saat saya mau masuk ruangan bunda mengelus kepalaku, " Adik bunda percaya kalau adik bisa, semangat ya sayang." 


Seketika semangat saya kembali bangkit. Saya merasa mengerjakan soal-soal dengan cukup baik. Dipikiran saya saat itu hanya fokus mengerjakan, ga peduli gimanapun hasilnya yang jelas saya sudah mengerjakan soal dengan baik. Setelah selesai tes, saya berpikir saat itu pilihan pertama saya Psikologi, pilihan kedua adalah  Sastra Jepang, entah bagaimana saya merasa pesimis untuk mendapatkan Psikologi, dan yakin nilai saya masuk Sastra Jepang.


Perjalanan pulang ke dps hati saya bertanya-tanya, jika nanti saya dapat di Psikologi UB apa diambil atau bagaimana? Dan jawaban bunda saat itu, 'Nanti kita rundingkan lagi ya dik, yg pnting sekarang kamu istirahat dulu". Hati saya saat itu gelisah, tapi saya berusaha untuk menepisnya.






Yang mau masuk jurusan ini mana suaranya? :)

Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 1 Agustus 2015 pukul 1 pagi waktu Bali, dengan perasaan ikhlas takut kecewa saya mengetik nomer peserta saya dengan gemetar. Detik itu juga mata saya langsung melotot membaca tulisan atas nama blablabla telah diterima di program studi FISIP- Psikologi Brawijaya. Woww seneng bangett. Akhirnya cita-cita saya menjadi seorang Psikolog mulai terbuka lebar. Rasanya penantian saya yang dulu tidak sia-sia. Keluarga semua ikut senang... tapi dugaan saya ternyata benar.

Orang tua saya tidak mengizinkan saya untuk merantau, karena saya anak perempuan satu"nya yang dimiliki mereka. Ahh betapa sedihnya hati ini. Rasanya hati ini perih... sungguh sangat disayangkan kalau menyia"kan kesempatan ini. Saya sudah berusaha meyakinkan orang tua saya kalau saya bisa menjaga diri baik" dan berjanji pulang nanti membawa gelar sarjana yang saya inginkan. Alhasil apa mau dikata, keluarga saya tidak ada yang setuju walaupun saya berusaha meyakinkan mereka.

Mau bagaimana lagi, saya harus membuang mimpi saya menjadi seorang Psikolog. Mungkin Brawijaya bukan jalan hidup saya, setidaknya Tuhan sudah mengizinkan saya untuk mencicipi bagaimana rasanya ikut tes dan lolos di jurusan yang sangat saya inginkan. Akhirnya sekarang saya masuk di Sastra Jepang Universitas Udayana. Saya percaya kesuksesan bisa kita dapat dari manapun asal ada kemauan dan semangat.

Semoga kisah saya ini bisa memberikan inspirasi bagi para pembaca setia blog saya. Inti dari cerita ini adalah Tidak ada yang tidak mungkin. Tuhan pasti akan selalu memberi solusi kepada umatnya yang selalu berusaha dan berdoa. Ingat, gagal sekali bukan akhir dari segalanya. Jadikan sebagai sumber semangat dan pelajaran yang berharga.


Apa ini salah satu kampus impianmu? 


Hal Penting buat kamu yang mau tes di UB :

Cukup sekian cerita dari saya :) Apabila ada kesalahan dalam penulisan, saya minta maaf yang sebesar besarnya. Untuk kalian yang ingin sharing pengalaman/kisah kalian bisa email ke email saya : intan.milla@gmail.com .
Akhir kata saya ucapkan terima kasih ^^


Komentar

  1. Selamat akhirnya masukke jurusan yang di idam2kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau ☎ 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  2. Seneng baca blog kamu. saya rencana juga masuk UB, tapi deg degan banget takut gagal lagi kayak waktu sbm :(. Tingkat kesulitan soal UB Mandiri sama SBM apa hampir sama ? Makasih infonya..

    BalasHapus
  3. Adakah nilai minus jika salah menjawab ?

    BalasHapus
  4. waktu itu pendaftaran mandiri UB tanggal brp ka?

    BalasHapus
  5. Sayang sekali ya, padahal sudah dizinkan untuk jauh-jauh mengikuti Ujian Mandiri di Malang, ehh... setelah keterima malah ga dizinkan masuk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? .. Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau  binomial nomenclature , yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhan Classis/Kelas, Ordo/Bangsa, Familia/Keluarga/Suku, Genus/Marga, dan Spesies (Jenis). Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis d

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel  merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat mi

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem 2. Tandang 3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah. Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan • Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok • Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal • Jari kaki kiri diangkat • Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk) • Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu • Telapak tangan menghadap kedepan • Sledet ke kanan • Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan • Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok • Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal • Jari kaki kanan diangkat • Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk) • Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu • Telapak tangan menghadap kedepan • Sledet ke kiri • Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki • Posisi ka

Biodata Pemeran Heart Series

Yuki Kato  Biodata: Nama Lengkap : Yuki Anggraini Kato Nama Populer : Yuki Kato Nama panggilan : Yuki Tempat Tanggal Lahir : Malang, 2 April 1995 Ayah : Takeshi Kato Ibu : Twinawati Cita-Cita : Fashion Designer Hobi : Bersepeda, Berenang, Baca Buku Makanan Favorit : Japanese Food (Sashimi, Sushi) dan Meatball (Bakso) Tokoh Idola : Meriam Bellina Tidak Disukai : Cicak, Pembohong Paling Disukai : Kucing Biografi Yuki Kato Biografi Yuki Kato Yuki Kato adalah putri pertama dari pasangan Takeshi Kato dan Twinawati. Takeshi Kato, seorang Project Manager sebuah perusahaan besar di Jepang dan saat ini berada di Jepang dan datang setiap 3 bulan sekali untuk mengunjungi putri kesayangannya di Indonesia. Yuki Anggraini Kato memiliki adik bernama Reina Meisilia Kato dan Sakura Des Caesar Kato. Yuki tinggal bersama ibu dan adiknya di Kota Wisata, Cibubur. Pendidikan Yuki Kato adalah mantan siswi SD Fajar Hidayah dan SMP Sekolah Pilar Indonesia. Dan kini Yuki menjadi siswi di SMA Bakt

Belajar Bahasa Thailand Mudah Untuk Pemula

Sawadee kah :) Sudah tergila-gila dengan Film Thailand, sekarang aku tergila-gila untuk belajar bahasa Thailand gara-gara nonton film First Love yang ada Mario Maurer :D 55555555 Lho? Kok 55555555 ? Salah pencet? Ohh, tidaakkk .. 5 = ha Jadi, kalo 55555555 = hahahahahahahaha... Eh, itu beneran looh, orang Thailand kalo ketawa, mereka nulisnya "555" Nah, sekilas, bakalan aku kasih tau deh, bahasa Thailand untuk sehari-hari yang biasa aku pakai buat latihan belajar bahasa Thailand. So, ini dia ^^ Nah, beberapa kosakata sehari-hari :  Sawadee (krab/kah) = Hallo/ Salam sejahtera  Sabai di mai? = Apa kabar?  Sabai di (krab/kah) = Kabar baik  Khob khun (krab/kah) = Terima kasih  Yin dee / Mai pen rai = Sama-sama , tidak masalah  Chai = Ya  Mai chai = Tidak  Arun sawad = Selamat pagi  Ratree sawad = Selamat malam  Khun chue arai? = Siapa namamu?  (Pom/chan) chue....(nama) = Nama saya....(nama)  Khun na rak maak = Kamu lucu sekali  Khun suay maak = Kamu cant