Pages

Senin, 11 Februari 2013

Teknik Mewarnai dengan Crayon


Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon.
So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :))
Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax :
Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin.
Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebagai cat untuk melukis.. namun mereka merasa kesulitan ketika mensosialisasikan kepada anak-anak.. karena bahan yang digunakan adalah bahan yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak ramah pada lingkungan.
Ketika mewarnai dengan crayon, ada beberapa peralatan yg menemaninya yaitu :
A. Pensil EE
Pensil ini berfungsi untuk mempertegas garis bagian terluar dari (kontur) gamabar. Pensil ini digunakan pada bagian terakhir proses, yaitu setelah pewarnaan crayon selesai.
B. Remover
Remover Crayon berfungsi untuk menghapus warna crayon atau gambar yang di anggap tidak perlu. Sehingga gambar tampak bersih.
C. Sapu Kecil / Kuas
Sapu Kecil / Kuas berfungsi sebagai alat untuk membersihkan ampas crayon yang berada di atas kertas gambar.
D. Tisu
Tisu berfungsu sebagai pembersih ampas crayon yang menempel diujung krayon. Jenis tisu yang digunakan adalah tisu kering yang biasa dijual di toko – toko.
E. Kerok
Alat ini digunakan dalam membuat teknik khusus dengan cara dikerokkan pada crayon yang sudah diwarnakan diatas kertas. Alat ini bisa terbuat dari apa saja asal dari bahan atau benda yang ujungnya pipih dan agak keras. Seperti sendok es krim, uang logam, sisir atau yang lainnya. Biasanya jika kita membeli crayon dengan isi banyak di dalamnya sudah tersedia alat pengerok.
F. Penyambung
Alat ini berfungsi sebagai penyambung crayon yang patah atau yang sudah pendek sehingga bisa digunakan kembali. Biasanya alat ini sudah ada dalam paket crayon yang kita beli.
G. Peraut
Alat ini berfungsi untuk meraut krayon sehingga untuk bidang-bidang yang kecil bisa terjangkau untuk diwarnai. Alat peraut ini ada dua jenis yaitu
- Peraut yang lubangnya berdiameter kecil, digunakan untuk meraut crayon yang mempunyai diameter kecil
- Peraut yang lubangnya berdiameter besar, digunakan untuk meraut crayon yang mempunyai diameter besar.
H. Alat Finishing / Clear
Alat ini berfungsi untuk melapisi gambar agar tampak bersih. kotoran-kotoran dari luar yang menempel tidak bergabung dengan crayon sehingga bisa dibersihkan. Alat ini digunakan setelah proses menggambar sudah selesai dan gambar siap di pajang.
TEKNIK MEMEGANG CRAYON
Teknik ini dilakukan dengan cara meletakkan crayon dibawah jari dengan ujung jari menjepit dan menekan pada kertas. Teknik ini biasanya jarang di pakai oleh anak karena anak-anak sudah terbiasa memegang alat tulis sehingga memegang crayon pun seperti memegang alat tulis.
TEKNIK ARSIRAN DENGAN CRAYON
1. Teknik Putar
Teknik ini dilakukan dengan cara memutar-mutarkan crayon secara berulang-ulang pada kertas sehingga kertas terwarnai oleh crayon.
Kelebihan : Hasil lebih rata (maximal)
Kekurangan : Proses pengerjaan lebih lama.
Aplikasi pewarnaan pada bentuk gambar cenderung sama prosesnya.
Misalnya :
Aplikasi pewarnaan gradasi dengan cara mewarnakan warna yang lebih tua di dahulukan baru di tindih/campur dengan warna yang lebih muda
2. Teknik Menggores
Teknik ini dilakukan dengan cara mengoreskan (garis lurus) secara berulang-ulang sehingga kertas terwarna oleh crayon.
Kelebihan : Hasil kurang rata (tidak maksimal)
Kekurangan : Proses pengerjaan lebih cepat.
Aplikasi pewarnaan pada bentuk gambar sebaiknya menyesuaikan bentuk bidang. Misalnya :
Aplikasi pewarnaan gradasi dengan cara mewarnakan warna yang lebih tua di dahulukan baru di tindih/campur dengan warna yang lebih muda
Nah, untuk menemukan teknik yg pas, dan hasil pewarnaan yg maksimal, diperlukan kreatifitas juga loh guys…
Yak intan juga mau bagi info tentang crayon yang pernah intan gunakan baik dulu ataupun sekarang. :)

Crayon
Crayon yang seperti gambar dibawah ini menurutku cukup bagus dan lengkap. Crayon ini aku pakai saat aku duduk dikelas 2 SD *udah jaduull*. Jadi kalau kalian mau mewarnai pakai spidol atau cat air dengan crayon, gampang, tinggal ambil karena udah tersedia, hehe :D



Crayon Titi
Menurut intan nih, crayon jenis ini bagus loh guys. Aku pakainya udah dari kelas 3 SD, menurut pengalamanku, crayon jenis ini ga mudah hancur/patah, warnanya cukup tajam, goresan halus, top deh :)



Berikut adalah beberapa contoh hasil dari mewarnai menggunakan crayon :)










9 komentar:

  1. mba intan aku pengen ngajarin anaku untuk mewarnai gradasi seperti contoh diatas, tapi aku ga melihat penjelasan detailnya. bisa tolong dijelasin ga?

    Bunda Chalwa

    BalasHapus
  2. tunggu di posting berikutnya ya :)

    BalasHapus
  3. Bagus banget gmbarnya mba intan .. pengen bisa deh.. :)

    BalasHapus
  4. terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda :)

    BalasHapus
  5. oke, keren juga artikelnya,, jangan lupa mampir di webku juga ya aku punya koleksi coloring page banyak, yang bisa di share juga di media sosial

    BalasHapus
  6. Terimakasih artikelnya. Saya suka... Saya mau nanya dong, pensil EE itu kayak apa ? Kemudian saat mewarnai dg oil pastel merk titi itu kalo untuk mewarnai bagian pinggir sering keluar, gmn ya caranya ngajarin ke anak saya biar bagus. Apa crayon nya mesti sering2 diraut. Terimakasih...

    BalasHapus
  7. minta tutorial dr salah satu gambar yg d atas secara detail donk

    BalasHapus
  8. Haii..mbk intan aq jg ngjrin ank2 latihn mewarnai loo..gabung yuk???z
    aq biasa di sapa ank2 "kak ari"

    BalasHapus
  9. mba q ajarin donk q pengen bisa mewarnai kayak mb intan

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Share It

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Label

Adaptasi (1) Artis (1) Babi (1) Baca buku (1) Bahasa (1) Bahasa Rusia (1) Bakery (1) Bali (3) Bali Bakery (1) Bebek (1) Belajar (1) berprestasi (1) Best Restaurant (1) Bunga (1) Carbonara (1) Cheesecake (1) Cinta Laura (1) Coffe (1) Cowo (1) Cowok (1) Cozy (1) Cream (1) Cuek (1) Delicious (2) Denpasar (1) Duck (2) Eat (1) Efektif (1) EXCELENT (1) Flowers (1) FOLLOWERS (1) FOLLOWING (1) Food (2) Fruits (1) Fun (1) Gebetan (1) GEOGRAFI (1) Gift (1) Gita Gutawa (1) Hangout (1) Hari Ibu (1) Holiday (1) Indonesia (1) Japanese (1) Jatuh Cinta (1) Kado (1) Ke Luar Negeri (1) Kreatif (1) KRITIS (1) Kuliner (1) LAHAN (1) Lezat (1) Malu PDKT (1) Mama (1) Maudy Ayunda (1) Mother's day (1) never give up (1) NONFOLLBACK (1) PDKT (1) Pendidikan (1) Place (1) Play (1) Pork (1) Restaurant (1) Rose (1) Rusia (1) Sayang (1) Seminyak (1) serius (1) Smart (1) Starbucks (1) Stress (1) Student (1) Study (2) Study hard (1) Sunflower (1) Sushi Tei (1) Tiramisu (1) Traditional (1) TrIK PDKT (1) TWITTER (1) Ubud (2) Vidi (1)

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Sponsor





























Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

Labels

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©