Pages

Minggu, 22 Desember 2013

Cara agar Berprestasi di Sekolah




Di postingan kali ini saya akan membagikan info mengenai "Belajar". Banyak siswa siswi merasa bosan, jenuh, tidak bisa membagi waktu antara belajar dan bermain. Stress tugas numpuk semua, iya kan? :)
Nah berikut saran yang saya berikan khusus untuk pembaca setia blog ini ^^

Tips Cara Belajar Paling Efektif


1.Mengatur waktu dengan baik
Setiap siswa harus bisa mengatur waktu dengan baik. Membagi waktu mulai dari bangun tidur pagi sampai tidur malam. Semua itu terjadwal dalam agenda harian siswa. Bangun tidur shalat subuh bagi siswa muslim, mandi, berpakaian, kemudian sarapan pagi. Ingat, sarapan pagi itu penting, lho? Pulang sekolah istirahat sejenak, kemudian membantu orang tua. Setelah itu melakukan olah raga atau refreshing. Habis magrib, silahkan belajar. Belajar itu mungkin terbagi dua sesi. Sesi pertama mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah. Kemudian sesi kedua, mengulang pelajaran yang akan dipelajari esok hari. Atau bisa juga melihat kembali catatan pelajaran yang telah dicatat tadi siang di sekolah.

2.Membenahi catatan pelajaran
Biasanya, guru memberikan soal ulangan berdasarkan materi yang telah diterangkan di depan kelas. Perhatikan dengan baik materi yang diterangkan guru. Guru akan memberikan penekanan khusus pada bagian tertentu pokok bahasan atau tema pelajaran. Boleh jadi dengan menggarisbawahi kalimat tertentu atau mengulang-ulang materi bersangkutan dengan nada tertentu.  Nah, ini segera dicatat baik-baik. Jika guru terlalu cepat menerangkan, sementara siswa lambat menulis, bisa dicatat materi itu melalui buku buram atau buku draft. Nanti di rumah disalin dengan rapi ke buku catatan.

3.Sering bertanya di kelas
Bertanya bukan bearti asal bertanya. Bertanyalah kepada guru tentang materi yang kurang dipahami. Atau, minta penjelasan ulang, tentang materi pelajaran yang ditekankan guru untuk dipahami. Siapa tahu materi pertanyaan siswa itu menjadi soal ulangan harian oleh guru.

4.Mengulang pelajaran di rumah
Sebaiknya yang akan diulang mempelajarinya di rumah adalah catatan pelajaran hasil penjelasan guru. Membaca buku sumber belajar seperti buku panduan dan penunjang dilakukan untuk memperkaya materi yang sudah dipahami. Kalau mau ulangan, sebaiknya cukup membaca buku catatan pelajaran saja. Ini bertujuan untuk memfokuskan pemikiran terhadap pokok bahasan yang akan diujikan oleh guru.

5.Banyak minum air putih
Sebagai siswa yang sibuk harus banyak minum air putih karena bermanfaat untuk kesehatan. Jangan sampai siswa kehilangan cairan tubuh karena kurang minum. Siswa yang kurang minum sering ngantuk dan lemas.

6.Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.
Buah dan sayur bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar memungkinkan siswa untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi.

Mau tahu apa rahasia para pelajar berprestasi? Ini dia rahasianya:


1. Jadilah seorang pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu.
Apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.
2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.
3. Jangan malu untuk bertanya.
Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu hal.
4. Kerjakan PR dengan baik, jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya.
Jangan malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda-nunda mengerjakannya. Enak kan kalau kita cepat mengerjakan PR, jadi masih punya banyak waktu untuk bermain dan nonton TV deh!
5. Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan.
Nanti sewaktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari! Asyik!
6. Cukup istirahat, makan dan bermain.
Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!
7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka.
Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.
8. Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi.
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.
9. Cari seorang pembimbing yang baik.
Orangtua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.
10. Jangan suka mencontek teman.
Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik.

Berikut ini adalah tips meredakan kebosanan belajar:


1.Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
Suasana belajar menyenangkan itu akan terwujud bila tempat belajar bersih, rapi dan teratur. Bersih dari kotoran dan sampah. Buku dan alat tulis disusun teratur, meja belajar dihias serapi mungkin. Buku catatan perlu dirapikan dan dihias seindah mungkin agar betah membacanya.
Mungkin ada yang senang belajar sambil dengar musik. Tentu hal ini dapat dilakukan dengan memutar musik lembut dari lagu kesukaan kita. Itu dapat kita ciptakan sendiri sesuai kreativitas masing-masing.

2.Cara belajar yang bervariasi
Cara belajar bervariasi ditekankan pada proses belajar dimana ada variasi antara membaca buku sumber belajar dengan mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah. Atau bisa juga sekali-sekali mengajak teman untuk datang belajar ke rumah untuk berdiskusi, melibatkan orang tua dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, dll.

3.Melakukan ‘refreshing’
Jangan belajar melulu, perlu adanya waktu untuk penyegaran. Mengendorkan saraf yang tegang dengan main-main di depan rumah, nonton televisi. Tentunya, menggunakan waktu malam minggu untuk tidak belajar melainkan main bersama teman. Atau bisa juga berkunjung ke objek wisata alam yang terdekat di sekitarnya.

4.Ingat cita-cita.
Siswa sering bilang, cita-citanya masih di ujung pena. Itu artinya siswa sedang memperjuangkan cita-citanya untuk menggapai masa depan yang lebih cerah. Jika bosan belajar besar kemungkinan cita-cita itu akan terkendala.

4.Menyukai semua mata pelajaran
Semua mata pelajaran yang dipelajari di sekolah sama pentingnya. Mata pelajaran itu mengandung berbagai disiplin ilmu yang bermanfaat. Hanya karakter mata pelajaran yang berbeda, seperti antara mata pelajaran eksakta dengan sosial, budaya dll.

5. Isi aktivitas dengan hobi dan kesukaan yang bermanfaat.
Kegiatan ngeblog termasuk bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan siswa untuk menulis, berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Begitu pula aktivitas di dunia maya lainnya seperti facebook-an dan twitter-an. Tentu dengan catatan tidak terlalu menyita waktu siswa.

Semoga artikel ini bermanfaat kawan :)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©