Pages

Senin, 16 Desember 2013

Belajar Saat Liburan? Kenapa Tidak?



Well, sering kali saat kita masuk sekolah, kita ingin libur dan banyak rencana dikepala kita. Namun saat liburan kita bingung hendak melakukan apa selain tugas rumah atau jalan-jalan. Dan ujung-ujungnya pun kita malas-malasan dan waktu terbuang percuma. Kasian banget kan? :') Kenapa enggak pakai belajar aja? Tapi belajar santai donk. Yupp di postingan kali ini saya akan membagi tips tentang belajar saat liburan, so ini dia :
1. Review ulang bagaimana pelajaran dan tugas kita
Anda bisa cek kembali sampai dimana ACTION yang sudah kita kerjakan. Bagaimana aktivitas kita sebelumnya. Sampai dimana pencapaian kita sebelum masa liburan kemarin. Dan lihat kembali visi kita ke depan. Kemana akan kita arahkan ACTION-ACTION kita selama ini dan nanti untuk mencapai target kita.
2. Rapikan tempat belajar kita.
Pastikan tempat belajar kita kembali rapi seperti sebelumnya. Letakkan berbagai peralatan belajar yang dibutuhkan di tempat yang paling tepat menurut anda. Buat ruang belajar senyaman mungkin. Dengan demikian diharapkan ini akan membantu membangun semangat belajar kita.
3. Rencanakan apa yang harus segera di-ACTION-kan.
Anda lihat ulang apa saja yang harus segera dilanjutkan untuk ACTION. Ini hubungannya dengan membuat prioritas belajar. Anda urutkan ACTION apa yang mesti dikerjakan pertama, kedua, dan seterusnya.
4. Bangun kembali suasana belajar.
Mulai hari kita dengan melakukan hal yang biasanya menumbuhkan semangat belajar. Mungkin kita perlu mendengarkan musik terlebih dahulu sebelum mulai belajar. Atau mungkin dengan berdoa terlebih dahulu. Mungkin juga dengan memimun teh/kopi untuk menghangatkan badan. Pada intinya, kita perlu membangun situasi belajar seperti sebelumnya agar semangat belajar kita kembali tumbuh.
5. Sapa rekan belajar.
Sapa dan jabat tangan rekan belajar kita. Bangun kembali hubungan untuk mencapai tujuan bersama. Boleh juga kita saling sharing bagaimana liburan kita kemarin. Betapa menyenangkannya liburan yang sudah kita lewatkan. Ceritakan pengalaman lucu yang terjadi. Ini akan menumbuhkan chemistry belajar kita bersama rekan-rekan kita.
6. Selesaikan tugas.
Prioritas belajar yang kita lakukan bisa mulai kita kerjakan. Kerjakan perlahan sampai kita kembali menemukan ritme belajar kita. Kemudian percepat ACTION kita untuk meraih banyak “kemenangan” sesegera mungkin dengan menyelesaikan tugas kita. Pasti, semangat belajar kita akan kembali tumbuh.
7. Ingat kembali tujuan jangka panjang kita.
Bila kita mungkin masih merasa malas untuk tak segera melakukan ACTION, kita bisa lihat kembali tujuan jangka panjang kita. Lihat apa saja yang mungkin tak bisa segera diraih jika kita tak segera ACTION. Baca juga kata-kata motivasi dan kata kata inspirasi untuk mendongkrak semangat belajar kita.
8. Istirahat dan rayakan
Setelah tugas-tugas di hari pertama belajar berhasil kita kerjakan dengan baik, jangan lupa beristirahat. Rayakan keberhasilan kita kembali on the track seperti sebelumnya. Perayaan kecil seperti makan bersama rekan belajar atau bertanding futsal mungkin bisa menjadi pilihan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©