Langsung ke konten utama

Belajar Saat Liburan? Kenapa Tidak?



Well, sering kali saat kita masuk sekolah, kita ingin libur dan banyak rencana dikepala kita. Namun saat liburan kita bingung hendak melakukan apa selain tugas rumah atau jalan-jalan. Dan ujung-ujungnya pun kita malas-malasan dan waktu terbuang percuma. Kasian banget kan? :') Kenapa enggak pakai belajar aja? Tapi belajar santai donk. Yupp di postingan kali ini saya akan membagi tips tentang belajar saat liburan, so ini dia :
1. Review ulang bagaimana pelajaran dan tugas kita
Anda bisa cek kembali sampai dimana ACTION yang sudah kita kerjakan. Bagaimana aktivitas kita sebelumnya. Sampai dimana pencapaian kita sebelum masa liburan kemarin. Dan lihat kembali visi kita ke depan. Kemana akan kita arahkan ACTION-ACTION kita selama ini dan nanti untuk mencapai target kita.
2. Rapikan tempat belajar kita.
Pastikan tempat belajar kita kembali rapi seperti sebelumnya. Letakkan berbagai peralatan belajar yang dibutuhkan di tempat yang paling tepat menurut anda. Buat ruang belajar senyaman mungkin. Dengan demikian diharapkan ini akan membantu membangun semangat belajar kita.
3. Rencanakan apa yang harus segera di-ACTION-kan.
Anda lihat ulang apa saja yang harus segera dilanjutkan untuk ACTION. Ini hubungannya dengan membuat prioritas belajar. Anda urutkan ACTION apa yang mesti dikerjakan pertama, kedua, dan seterusnya.
4. Bangun kembali suasana belajar.
Mulai hari kita dengan melakukan hal yang biasanya menumbuhkan semangat belajar. Mungkin kita perlu mendengarkan musik terlebih dahulu sebelum mulai belajar. Atau mungkin dengan berdoa terlebih dahulu. Mungkin juga dengan memimun teh/kopi untuk menghangatkan badan. Pada intinya, kita perlu membangun situasi belajar seperti sebelumnya agar semangat belajar kita kembali tumbuh.
5. Sapa rekan belajar.
Sapa dan jabat tangan rekan belajar kita. Bangun kembali hubungan untuk mencapai tujuan bersama. Boleh juga kita saling sharing bagaimana liburan kita kemarin. Betapa menyenangkannya liburan yang sudah kita lewatkan. Ceritakan pengalaman lucu yang terjadi. Ini akan menumbuhkan chemistry belajar kita bersama rekan-rekan kita.
6. Selesaikan tugas.
Prioritas belajar yang kita lakukan bisa mulai kita kerjakan. Kerjakan perlahan sampai kita kembali menemukan ritme belajar kita. Kemudian percepat ACTION kita untuk meraih banyak “kemenangan” sesegera mungkin dengan menyelesaikan tugas kita. Pasti, semangat belajar kita akan kembali tumbuh.
7. Ingat kembali tujuan jangka panjang kita.
Bila kita mungkin masih merasa malas untuk tak segera melakukan ACTION, kita bisa lihat kembali tujuan jangka panjang kita. Lihat apa saja yang mungkin tak bisa segera diraih jika kita tak segera ACTION. Baca juga kata-kata motivasi dan kata kata inspirasi untuk mendongkrak semangat belajar kita.
8. Istirahat dan rayakan
Setelah tugas-tugas di hari pertama belajar berhasil kita kerjakan dengan baik, jangan lupa beristirahat. Rayakan keberhasilan kita kembali on the track seperti sebelumnya. Perayaan kecil seperti makan bersama rekan belajar atau bertanding futsal mungkin bisa menjadi pilihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…