Langsung ke konten utama

Macam-Macam Cerdas, Yang Manakah Kamu?


Kadangkala orang tua, guru, atau orang-orang lain mengukur kecerdasan hanya dari kemampuan berhitung saja, atau berbahasa Inggris saja, atau tolok ukur lainnya. Padahal, setiap orang dianugerahi potensi kecerdasan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Belajar akan menjadi lebih menyenangkan dan efektif jika dilakukan dengan sepenuh hati. Kita akan lebih mudah mempelajari sesuatu yang kita sukai dan sesuai dengan talenta kita. Menurut berbagai sumber, ada 8 kategori kecerdasan yang dimiliki manusia, yang dapat kita jadikan modal awal dalam belajar. Masing-masing adalah:
  1. Kecerdasan Matematis-Logis
    Orang yang dikaruniai kecerdasan matematis pastinya memiliki kemampuan berhitung yang tinggi dan penalaran yang baik. Selain itu juga memiliki kemampuan pengelolaan yang baik karena didukung oleh logika yang baik. Orang-orang ini mampu membuat analisis dengan proses kategorisasi, klasifikasi, penyimpulan, dan generalisasi. Kalau kamu salah satu orang yang memiliki kecerdasan ini, pekerjaan-pekerjaan serius yang berkaitan dengan penghitungan dan analisis akan sangat cocok. Tapi hati-hati, ya. Pemilik kecerdasan ini katanya rentan terhadap stres.
  2. Kecerdasan Linguistik
    Orang yang pandai berkata-kata dengan menarik dan efektif, baik tertulis maupun lisan, memiliki kecerdasan verbal/ lingustik. Orang-orang ini juga akan relatif cepat belajar bahasa asing, dan memiliki kemampuan untuk me-mix and match-kan kata-kata untuk maksud-maksud tertentu. Kalau kamu merasa memiliki kemampuan ini, ayo gali terus. Siapa tahu bisa jadi penulis terkenal, reporter, public relations, atau copywriter.
  3. Kecerdasan Naturalis
    Tidak semua orang dapat merawat tanaman dan berhasil membuatnya tumbuh subur. Dan tidak semua orang di dunia ini dapat berkawan akrab dengan hewan. Ada orang-orang yang memiliki kemampuan untuk dapat mengenali dan mengategorikan spesies di lingungan sekitar, dan memiliki kepekaan pada fenomena alam. Mereka inilah pemilik kecerdasan naturalis. Kalau kamu satu di antaranya, cintailah biologi dan perdalam dengan bersahabat dengan alam.
  4. Kecerdasan Spasial
    Kecerdasan ini memungkinkan pemiliknya mempersepsikan dunia visual dan mentransformasikannya denga akurat. Mereka memiliki kepekaan akan ruang, warna, garis, dan bentuk. Orang-orang ini biasanya mampu memandang realitas dan masalah dan mentransformasikannya secara spasial, dan kemudian menarik garis-garis yang berpotongan pada titik yang biasanya berupa solusi. TIdak banyak orang yang memiliki kemampuan ini. Kemampuannya memetakan dan memecahkan masalah membuatnya dibutuhkan dalam berbagai bidang. Kamukah salah satu yang beruntung?
  5. Kecerdasan Musikal
    Believe it or not, hanya mereka yang memiliki kecerdasan musikal yang bisa bermain dengan musik. Orang dengan musikalitas tinggi akan sangat antusias dengan alunan musik, dan dengan mudah dan cepat mempelajari musik. Meskipun banyak orang yang menganggap remeh kecerdasan ini, cerdas bermusik dapat membawa seseorang pada keberhasilan lho. Kalau kamu memiliki dan mencintainya, asah terus dan jangan takut melangkah.
  6. Kecerdasan Kinestetik-Motorik
    Orang-orang ini biasanya lebih suka ‘bergerak’ daripada diam. Mereka akan lebih menyukai olah raga, dan akah mahir melakukannya, daripada belajar di kelas. Anak-anak seperti ini seringkali dianggap tidak pintar, padahal mereka memiliki kecerdasan kinestetik yang tinggi. Selain olah raga, mereka biasanya menyukai gunting menggunting, membuat kerajinan, menari, dan hal-hal lain yang melibatkan aktivitas motorik.
  7. Kecerdasan Interpersonal
    Pemilik kecerdasan ini memiliki modal besar: teman yang banyak, pergaulan yang luas, dan kemampuan menjalin dan memelihara hubungan. Mereka biasanya adalah orang yang menyenangkan dalam pertemanan. Kalau kamu memilikinya, jangan sia-siakan. Ayo cari teman sebanyak-banyaknya.
  8. Kecerdasan Intrapersonal
    Mereka memiliki kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak beradasarkan pemahaman tersebut. Mereka peka tarhadap suasana hati, kainginan, kemampuan berdisiplin diri, memahami, menghargai diri. Mereka memang cenderung pendiam. Keunggulannya, mereka dapat mengontrol emosi dengan baik.
Ada orang-orang beruntung yang memiliki beberapa kecerdasan sekaligus. Tapi ada juga yang hanya memiliki satu atau dua saja. Ada juga yang masih belum tahu bahwa mereka memiliki kecerdasan tertentu. Oleh sebab itu, pada awal masa pendidikan, kita diajarkan beragam hal untuk menggali potensi kita di berbagai bidang. Belajar yang baik, gali semua dengan baik, sehingga kita bisa melihat dalam hal apa kecerdasan kita paling menonjol. Setelah itu, di jenjang yang lebih tinggi proses belajar akan mejadi lebih fokus. Selamat menggali…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…