Langsung ke konten utama

10 Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia






Biaya pendidikan bukan satu-satunya pertimbangan ketika memilih kuliah di luar negeri. Biaya hidup juga harus diperhitungkan calon mahasiswa, misalkan kamu mempertimbangkan harga satu cangkir kopi, tiket bioskop maupun satu liter susu.

Untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri, berikut panduan 10 negara tujuan pelajar internasional berdasarkan biaya hidup.

Data ini berdasarkan QS World University Rangkings 2011/2012. QS melakukan survei atas 33 ribu akademisi global. Semua negara yang tercantum menawarkan kuliah dengan pengantar bahasa Inggris. Demikian seperti dikutip dari Telegraph, Minggu (18/9/2011).

1. Kanada

Untuk kamu yang menjadikan film dan kafein sebagai kebutuhan reguler, Kanada merupakan tempat yang tepat untuk menempuh studi. Biaya menonton di bioskop dan secangkir kopi dibanderol 10 poundsterling atau setara dengan Rp138.760 (Rp13,876 per poundsterling). Sementara biaya kuliahnya sebesar 11 ribu poundsterling Rp152,6 juta per tahun.

2. Jerman
Jerman merupakan salah satu negara dengan universitas terbesar di Eropa yang memiliki lebih dari 300 institusi pendidikan tinggi. Biaya pendidikan dibatasi sekitar 1.250 poundsterling (Rp17,345 juta).

Sementara secangkir kopi rata-rata dihargai 1,60 poundsterling (Rp22 ribu). Dan biaya menonton di bioskop sebesar 7,30 poundsterling (Rp101 ribu).

3. Australia
Di Negara Kanguru ini, kopi rata-rata dihargai 1,62 poundsterling (Rp22 ribu) per cangkir, atau sama dengan sebotol air. Untuk mahasiswa yang ingin minuman lebih kuat seperti bir, harganya sebesar 2 poundsterling (Rp27 ribu).

Australia dikenal sebagai salah satu tujuan paling populer di dunia pendidikan. Hal ini berkat kombinasi dari matahari, pasir pantai, dan universitas yang kuat. Namun beberapa waktu terakhir, popularitasnya berkurang karena kebijakan visa dan migrasi yang semakin ketat.

4. Italia
Secangkir cappuccino di Italia dihargai senilai 1,65 poundsterling (Rp22.895), bahkan secangkir macchiato dihargai lebih murah. Sementara biaya kuliahnya termasuk murah, tidak lebih dari 1,250 poundsterling (Rp17,3 juta).

Namun, harga satu tiket bioskop termasuk yang paling mahal di Eropa, yaitu sebesar 10,50 poundsterling (Rp145.698). Harga tiket bioskop tidak jauh berbeda dengan harga tiket pertandingan sepak bola Liga Italia yang sebesar 13 poundsterling (Rp180 ribu).

Tahun ini, universitas terbaik Italia adalah University of Bologna yang ada di peringkat 183 QS.




5. Denmark

Universitas di Denmark sangat internasional, sangat dihormati, serta gratis untuk mahasiswa asal Uni Eropa. Apalagi, kebanyakan warga Denmark mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Secangkir kopi berbiaya 1,80 poundsterling (Rp24.976), harga satu tiket bioskop senilai 10 poundsterling (Rp138.760), dan bir dihargai 1,20 poundsterling (Rp16.651).

Namun, mencari tempat tinggal di Denmark lumayan sulit, karena itu calon mahasiswa disarankan untuk mencarinya sedini mungkin.

6. Amerika Serikat (AS)

Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah universitas tertinggi di dunia, di mana enam di antaranya masuk dalam daftar 10 besar perguruan tinggi terbaik versi QS.

Secara umum, biaya hidup di Amerika lebih murah daripada Inggris. Harga satu cangkir kopi senilai 2 poundsterling (Rp27.752), tiket bioskop sekitar 5 poundsterling (Rp69.380) dan harga satu bir kecil sekitar satu poundsterling (Rp13.876).

Namun bagaimanapun, biaya kuliahnya termasuk mahal karena naik menjadi 26 ribu poundsterling (Rp360 juta). Selain itu, persaingan untuk masuk jurusan populer di Amerika, sangat tinggi. Apalagi, persyaratan visa pelajar cukup sulit.

7. Hong Kong

Hong Kong mempunyai beberapa universitas terbaik di Asia dan menawarkan berbagai program pendidikan. Biaya tempat tinggal di negara bekas jajahan Inggris ini memang sangat mahal. Namun, harga kopinya lebih murah daripada Inggris yaitu sebesar 2 poundsterling (Rp27.752) dan harga tiket bioskop 7 poundsterling (Rp97.132). Sementara biaya kuliah tahunan sekitar 9 ribu poundsterling (Rp124 juta).

8. Finlandia

Meski memiliki reputasi sebagai negara dengan biaya hidup mahal, Finlandia tidak membebankan biaya kuliah kepada mahasiswa asal Uni Eropa. Bahkan harga kopi, tiket bioskop, dan satu liter susu di negara ini, lebih murah dibandingkan di Inggris.Sementara biaya saat bergaul di malam hari, terbilang cukup besar karena satu gelas bir dibanderol 4,50 (Rp62.442).

Finlandia dikenal sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Selain itu, negara Eropa ini juga dinobatkan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

9. UK

Meski biaya kuliahnya meningkat menjadi 9 ribu poundsterling mulai 2012, siswa yang ingin menempuh studi di UK masih bisa mendapatkan keuntungan. Pasalnya, empat universitas asal UK masuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik di dunia versi QS.

Selain bisa memilih untuk kuliah di perguruan tinggi terbaik dunia, mahasiswa juga dapat mencari hiburan dengan menonton bioskop. Biaya satu tiket bioskop dibanderol 9 poundsterling (Rp124.884), satu gelas bir rata-rata seharga 3,40 poundsterling (Rp47 ribu) dan secangkir kopi seharga 2,50 poundsterling (Rp34 ribu).

10. Norwegia

Bersama Finlandia, Norwegia dikenal sebagai negara dengan standar hidup tertinggi di dunia. Namun, biaya kesehatan gratis diberikan kepada mahasiswa yang tinggal lebih dari tiga bulan.

Seperti Denmark, perguruan tinggi di Norwegia menawarkan berbagai macam jurusan kuliah dan gratis untuk mahasiswa asal Uni Eropa. Namun, untuk biaya hidup, Norwegia termasuk mahal. Secangkir kopi dibanderol rata-rata 3.20 poundsterling (Rp44 ribu) dan bir rata-rata 6 poundsterling (Rp83 ribu).


http://informasicopasgoblog.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…