Pages

Kamis, 18 Juli 2013

10 Bahasa Asing Yang Wajib Untuk Dipelajari




Bahasa asing semakin banyak diminati oelh setiap orang. bukan lagi diminati, juga dibutuhkan untuk keperluan pribadi atau mengarah pada jenjang karir kita. Memang penguasaan utama menjadi bekal bagi kita untuk bisa lancar dalam berkomunikasi dalam berbagai hal, baik hanya sebagai perkenalan saja

Apalagi, yang lagi booming. Lagu-lagu k-pop, j-pop yang sepertinya sudah menjadi trend. Lihat saja, banyak orang yang rela belajar bahasa asing seperti korea atau japan untuk mengerti lirik lagu yang dipopulerkan oleh sang idola. Bekal minat, juga ada bakat didalamnya. Untuk mengimbangi dalam memahami setiap bahasa yang hendak kita pelajari. Simak berikut ini, bahasa yang semestinya kita juga perlu kuasai karena paling berguna ketika akan dipelajari.


1. English

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh dunia. Karena MBDC males melakukan penelitian, MBDC gak tau persis tepatnya berapa jumlah orang yang dapat berbicara bahasa inggris. Tapi MBDC yakin, banyak banget orang di dunia ini yang bisa bahasa Inggris.
Tingkat kesulitan dalam belajar bahasa Inggris ini terbilang rendah. Kenapa? Karena kamu bisa mengasah kemampuan bahasa inggrismu di mana saja. Coba kamu nyalain radio, banyak tuh lagu-lagu bahasa Inggris. Coba kamu ke bioskop, banyak film-film dengan bahasa Inggris. Belajar dari lagu dan film itu praktis karena disamping kita bisa memperluas kosa kata, kita juga tau gimana mengucapkan kata tersebut dengan benar.
Tingkat kesulitan: ★★

2. Español

Apakah kamu bermimpi untuk punya pacar orang Spanyol atau orang Amerika Selatan? (selain Brazil). Bahasa Spanyol adalah solusinya!
Sedikit lebih sulit dari bahasa Inggris dari sisi tata bahasa, namun pengucapan-pengucapan kata di bahasa Spanyol ini mirip dengan pengucapan kata dalam bahasa Indonesia. Kalau kamu membaca sebuah teks dalam bahasa Spanyol dan kamu ucapkan seolah-olah kamu membaca tulisan bahasa Indonesia, orang-orang pasti akan mengira kalau kamu sangatlah fasih berbahasa Spanyol!
Bahasa Spanyol dapat kamu pelajari sembari nonton pertandingan bola liga spanyol. Dengerin aja tuh komentator ngomong apa, kalau kamu bisa ngerti dia ngomong apa, kamu jago sekali! Cara lainnya adalah dengan menonton telenovela. Kapan lagi belajar bahasa dari om-om dan tante-tante yang “enak dilihat”
Tingkat kesulitan: ★★★

3. Français

Disebut-sebut sebagai bahasa terseksi di dunia, bahasa Perancis memang terkenal sulit untuk dipelajari. Kesulitan terumum yang ditemui oleh orang-orang yang mempelajari bahasa Perancis adalah pengucapan katanya.
Tata bahasa dalam bahasa Perancis juga tidak bisa dianggap remeh. Dalam belajar bahasa Perancis, katanya sih, kamu butuh kesabaran ekstra. Tapi setelah kamu menguasai bahasa Perancis, tingkat keseksian kamu pasti melonjak tinggi. Disamping itu, bahasa Perancis merupakan bahasa utama yang digunakan oleh PBB lho! Siapa tau gitu kamu bisa kerja di PBB
Tingkat kesulitan: ★★★★

4. 漢語

Dari list bahasa-bahasa di sini, bahasa Mandarin alias Hanyu merupakan bahasa yang memegang gelar “tersulit untuk dipelajari”. Seperti yang kamu ketahui, dari keempat bahasa yang kami cantumkan di artikel ini, bahasa Mandarin adalah satu-satunya bahasa asing yang tidak menggunakan alphabet dalam penulisannya. Well, ada sih yang menggunakan alphabet atau biasa disebut dengan “pinyin”, tapi yang paling sering digunakan adalah “Hanzi”.
Untuk fans film silat mandarin, mungkin seru tuh kalau kamu bisa nonton film tersebut tanpa mengganti bahasanya. Disamping terlihat keren, kamu pasti dianggap sebagai orang yang sangat cerdas secara linguistik! Tapi mempelajari bahasa Mandarin sungguhlah sulit. Untuk bisa baca koran berbahasa mandarin, setidaknya kamu harus hafal 3,000 karakter mandarin. Lho emang ada berapa sih karakter mandarin?! Ada sekitar 40,000an lah. Belum lagi cara pengucapannya yang kalo beda nada artinya juga bisa beda. Belajar bahasa Mandarin mending dari kecil sih.
Tingkat Kesulitan: ★★★★★

  1. Bahasa Inggris, memang tidak diragukan lagi atau bisa diwajibkan. Selain bahasa indonesia, kita juga harus bisa bahasa inggris. Sebagaimana kita ketahui, untuk memperlancar kita ketika berkomunikasi pada orang-orang dari amerika. Atau di negara korea, meski kita tidak tahu bahasa lokal mereka. Bahasa inggris cukup membantu untuk kita salam berkomunikasi pada mereka. Akhrinya, bahasa inggris pun menjadi bahasa internasional.
  2. Bahasa jerman, sebagaimana kita ketahui. Tempat kuliah di jerman cukup murah, bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di jerman. Maka, kita pun harus bisa menguasai bahasa jerman. Selain bahasa inggris, bahasa jerman bisa membantu anda dalam berkomunikasi selama kuliah disana yang sudah menjadi pilihan anda. Selain kuliah, kita pun bisa magang kerja disana sebagaimana kita ketahui banyak yang berminat untuk kesana dalam melakukan proses magang kerja kita.
  3. Bahasa Perancis, bahasa perancis pun juga berguna bagi kita yang sulit dalam komunikasi dengan warga paris. Apalagi, kita pun sudah mengenal bagaimana profil paris. Yang dikenal dengan sebagai negaraa romantis. Tentu, menambah keingintahuan kita tentang paris. Dan kita pun perlu untuk berkomunikasi pada mereka yakni teman-teman dari paris.
  4. Bahasa Mandarin, merupakan bahasa yang seringkali digunakan di negara china yang dikenal dengan jumlah penduduk cukup tinggi, dan perekonomian yang berjalan dinamis. Menjadikan upaya orang indonesia maupun negeri lain untuk menguasai bahasa mandarin. Selain bahasa inggris yang diajarkan sejak usia dini, bahasa mandarin pun juga diajarkan bagi mereka. Tak jarang, mereka pun bisa ikut memahami tentang bahasa mandarin juga untuk proses praktisnya.
  5. Bahasa Polandia, yang berada di daerah negara bagian Eropa ini juga makin diminati oleh para pendatang yakni orang asing untuk melaanjutkan pendidikan disana. Banyak orang yang ingin kesana, sehingga bahasa polandia pun menjadi bahasa yang harus dipelajari bagi yang ingin meneruskan pendidikan disana, atau hanya sekedar berwisata ke polandia.
  6. Bahasa Arab, pun menjadi bahasa yang banyak digunakan untuk mendalami ilmu agama. Bahasa ini pun juga perlu dipelajari untuk  berdagang  dan melakukan pengembang di bidang ekonomi. Selain itu, bahsa arab pun juga bisa digunakan oleh para calon haji atau yang mau berhaji atau umroh untuk melancarkan proses komunikasi kita disana.
  7. Bahasa Rusia, menjadi bahasa yang juga wajib dipejari meski sedikit kesulitan untuk mempelajari bahasa ini dalam prakteknya. Tetapi, di era modern, bahasa Rusia pun menjadi bahasa yang sering kali digunakan dari semua kalangan. Banyak yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tingkat doktor datang ke negara Rusia, jadi semakin diminati terutama di dunia pendidikan. Dan rusia yang sudah dikenal sebagai negara yang tingkat eksport meningkat.
  8. Bahasa Jepang, menjadi bahasa yang juga diminati melihat pesatnya komik yang datang dari negeri Jepang. Banyak yang terinspirasi terhadap komik jepang dari segi berpakaian, maupun ingin sekali mengenal budaya jepang. Bukan lagi sebagai kebutuhan saja, tetapi juga diminati. Sehingga passionnya itu muncul terutama dalam penguasaan bahasa jepang.
  9. Bahasa Korea, menjadi bahasa yang bukan lagi dibutuhkan tetapi diminatis. Banyak girl band, boyband yang datang dari sana untuk menghibur di seluruh dunia dalam setiap konser mereka. Banyak yang mengikuti gaya trend di negara korea. Sehingga mereka pun rela untuk mempelajari bahasa korea untuk bisa saling dekat pada idola mereka.
  10. Bahasa Kanton, merupakan bahasa yang juga wajib dipelajari dan banyak digunakan. Melihat orang yang antusias menghabiskan liburan di hongkong, begitu antusias pula mempelajari bahsa kanton yang datang dari negara hongkong. Atau ingin melanjutkan pendidikan di negara hongkong, diperlukan penguasaan terhadap bahasa kanton pula.

Sudah siap belajar bahasa asing?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©