Langsung ke konten utama

Kota Ini Menjadi Kota Hantu



Kota Epecuen (c) AP/dailymail.co.uk
Selamat datang di kota Epecuen, kota hantu yang terletak di Argentina, Barat daya Buenos Aires. Dilansir Dailymail, puluhan tahun yang lalu, kota ini sangat ramai dengan wisata danau yang membuat 20.000 turis datang setiap musim. Namun pada tahun 1985, sebuah bencana menenggelamkan kota yang cantik dan masyarakat kecil di sana.

dailymail
Kota yang tersapu banjir 

Tanpa peringatan, bencana banjir besar menghancurkan kota Epecuen. Hujan yang sangat deras diikuti badai membuat laguna meluap, menumpahkan airnya di kota kecil tersebut. Tanggal 10 November 1985 menjadi akhir kejayaan kota Epecuen. Air bah seperti meledak dan menghancurkan dinding penahan danau, membuat satu kota tenggelam. Air asin korosif setinggi 10 meter meninggalkan duka mendalam, warga yang berhasil menyelamatkan diri meninggalkan Epecuen selamanya.

dailymail
Jejak-jejak genangan air 

Seorang korban selamat, Norma Berg, yang saat ini tidak lagi tinggal di Epecuen bercerita mengenai hari menyedihkan tersebut. "Saya punya banyak kucing dan anjing. Beberapa hari sebelum banjir, aku tidak melihat mereka," kenangnya. "Saya pikir, hewan peliharaan bisa merasakan bahwa tanda-tanda bencana akan datang," lanjutnya. Sudah jadi rahasia umum bahwa hewan selalu tahu tanda-tanda bencana terlebih dahulu sebelum manusia.

dailymail
Tidak ada yang mau kembali ke kota ini

Setelah terendam selama bertahun-tahun, kota Epecuen yang terendam mulai surut. Sayangnya, tidak ada yang mau kembali ke kota tersebut dan membangun lagi kejayaannya. Yang tersisa dari bencana kota Epecuen adalah sisa bangunan yang sudah hancur, tanaman yang hanya menyisakan batang, kesan suram dan menyeramkan bisa dirasakan jika Anda berkeliling di 'kota hantu' ini.

dailymail

Perbandingan kota sebelum bencana banjir dan sekarang (c) AP/dailymail.co.uk
Ada sisa trauma yang tertinggal pada kota ini. Yang menarik, ada seorang pria, Pablo Novak, 82 tahun yang menolak untuk pergi dari kota Epecuen. "Saya baik-baik saja tinggal di sini. Saya hanya sendirian. Saya sering membaca koran dan mengingat masa keemasan kota ini," ujarnya. Beberapa kali Pablo melihat orang-orang yang berkunjung di kota Epecuen, sekedar melihat-lihat sisi menyeramkan reruntuhan kota dan mengenang kembali tragedi mengerikan di tahun 1985.

dailymail
Makam yang sudah tidak terawat 

Apa kamu tertarik mengunjungi kota hantu Epecuen, kawan? :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…