Pages

Senin, 18 Maret 2013

Rahasia di Balik Biji Bunga Matahari


Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang selama ini lebih akrab kita sebut kuaci ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan lho!. Kandungan lemak dalam biji bunga matahari sangat tinggi, yakni sekitar 50%, dan jika dikonsumsi dengan susu atau hasil olahannya yang kaya akan protein, maka biji bungan matahari dapat menjadi makanan yang mengenyangkan bagi sel tubuh (dan sekaligus lezat tentunya…). 

Kecukupan asupan makanan akan mencegah kelelahan karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Biji bunga matahari yang diketahui kaya protein, fosfor, lemak, potasium, magnesium, dan besi juga akan megeluarkan minyak apabila dihancurkan. Setelah dikupas, bahan tersebut juga dapat digunakan sebagai pengganti kacang tanah untuk taburan bubur ayam, sup, salad, atau yoghurt. 

Minyak biji bunga matahari juga mengandung asam likoleat yang berguna untuk mengurangi endapan kolestrol pada dinding pembuluh darah. Karena kandungan itulah minyak biji bunga matahari juga sangat disarankan sebagai pengganti mentega. Sebab, pada mentega lebih banyak mengandung lemak padat. 

Kandungan besi dalam biji bunga matahari juga bermanfaat, yakni untuk mencegah penyakit anemia. Nah, makanya kalau pengen ngemil menyehatkan dan nggak pengen gendut, mending pilih aja camilan kuaci. 

Khasiat Biji bunga matahari

Biji bunga matahari sangat kaya nutrisi yang berharga, maka tidak mengherankan bahwa biji memiliki dampak positif besar pada kesehatan kita.

• Biji bunga matahari merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E. Seperti yang kita ketahui Vitamin E adalah antioksidan . Vitamin E melawan radikal bebas dan menyimpan sel-sel dari kerusakan termasuk sel otak. Vitamin E mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam Vitamin E melawan radikal bebas dan mencegah mereka dari oksidasi kolesterol. Hal ini membuat kondisi jantung sehat dan menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah.

Anti-inflamasi Vitamin E mengurangi kemungkinan asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis. Vitamin E juga mengurangi risiko dari setiap penyakit atau kondisi yang berkaitan dengan peradangan. Selain itu Vitamin E juga membantu dalam mengurangi resiko kanker usus besar.



• Biji bunga matahari mengandung sejumlah besar folat. Folat adalah nutrisi penting untuk kesehatan kita. Ini adalah Vitamin B berperan penting dalam produksi sel-sel tubuh baru dengan membantu untuk membentuk DNA dan RNA. Folat dan Vitamin B 12 membantu untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Folat juga membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Biji bunga matahari juga mengandung seng yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita kuat.


• Biji bunga matahari juga mengandung baik jumlah magnesium. Magnesium membantu mencegah asma, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah sakit kepala migrain. Ini blok kalsium untuk masuk ke dalam sel-sel saraf dan pembuluh darah. Dengan menghalangi kalsium, mencegah kejang otot dan kontraksi saraf mendadak.


• Serat pangan dalam biji bunga matahari mengontrol kadar kolesterol dan kadar glukosa darah dan juga meningkatkan pencernaan yang baik. Biji bunga matahari mengandung Tryptophan - asam amino yang membantu untuk menghasilkan serotonin.

• Selenium adalah mineral yang memainkan peran penting pada kesehatan secara keseluruhan. Ini membantu untuk memperbaiki DNA, mengurangi perkembangan sel kanker. Selenium bekerja dengan Vitamin E dan membantu mencegah penyakit jantung juga. Biji bunga matahari kaya akan selenium dan ini adalah alasan lain mengapa biji bunga matahari sangat baik untuk kesehatan kita.

Biji bunga matahari sangat baik untuk kesehatan kita dan harus dimasukkan dalam menu rezim diet kita. Tapi yang paling penting adalah keseimbangan dalam menu makanan.





CARA MEMBUAT KUACI 

Sangat mudah. Biji-biji ( Semangka atau Bunga matahari ) tersebut mula-mula direndam dalam air kapur kemudian di keringkan. Setelah itu garam, kayu manis,serai, pandan wangi bersama-sama dimasukan ke dalam air dan dididihkan. Kemudian setalah kurang lebih setengah jam, biji-biji tersebut dimasukan dan diaduk, hingga biji-biji tersebut cukup mudah untuk di pecah. Setelah itu ditirskan dan dikeringkan jadilah KUACI.. :)

itu kandungan dan manfaat KUACI kawan..
jujur ni kalau boleh cerita sedikit saya dan temen-temen juga kalau lagi nongkrong selalu beli KUACI soal nya makanan satu ini murah meriah, selain itu juga lama habis nya lhoo..(heheehe..bguss bwat yg mau ngirit) :)

mungkin makanan satu ini agak di remeh kan dan agak di anggap ga penting kan kawan?? tapi jangan salah makanan satu ini walaupun kecil tapi besar manfaat  nya..
naah mungkin tadi info yang ga penting tapi bisa jadi penting kawan..hehehe :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©