Pages

Sabtu, 30 Maret 2013

Manfaat Babi di Dunia



Hmm.. kamu tahu nggak, kalau babi tuh mirip kayak pohon kelapa? Pohon kelapa tuh katanya semua bagiannya bisa berguna, dari akarnya sampai daunnya, makanya dipakai buat lambang pramuka. Nah, babi ternyata juga gitu, baik lemak, kulit, bulu apalagi daging, bahkan, kotorannya pun berguna! ’Keren’ kan? Tapi, kenapa babi diharamkan ya?? Trus, kenapa tidak dipakai sebagai lambang pramuka yang baru, gitu? ^^ Ini nih… liat aja daftar kegunaan babi di bawah ini :

1.Lemak 
Lemak dan beberapa produk variannya berperan untuk: 
- Lemak dan gliserin: softdrink, bahan kosmetik (facial, hand and body lotion), sabun, dll. 
- Emulsifier: Lesitin, E471, dsb. 
- Lard (lemak babi): pengempuk dan pelezat re-roti-an & coklat. 
- Minyak: penyedap masakan. 
- Bahan starter vetsin (ingat kasus Ajinomoto dulu!) 

2.Bulu 
Bulu berguna sebagai bahan kuas (bristle), seperti pada kuas roti, kuas cat tembok dan kuas lukis. Biro Pusat Statistik pada tahun 2002 melaporkan bahwa pada periode Januari hingga Juni 2001, Indonesia mengimpor boar bristle dan pig/boar hair sejumlah 282,983 ton (senilai 1.713.309 US $). Busyeett!!

Kalau kamu punya kuas di rumah, coba teliti apakah dari bahan plastik atau bulu babi. Caranya gimana? Nah, ambil 1 helai bulunya, lalu bakar! Cium bau bakarannya. Bila baunya sama dengan bau rambut atau kuku binatang yang terbakar, maka tentunya itu adalah bulu binatang (bau itu disebabkan adanya protein yang bernama keratin).

3.Daging 
Daging babi merupakan sumber protein hewani yang murah. Harganya jelas lebih murah dari daging sapi, dan mudah diperoleh di pasaran. Sifat dagingnya sendiri selain empuk, seratnya halus, rasanya mmm…lezat. Nyummi! Mak nyuss deh!! Penggunaannya bisa sebagai campuran bakso, siomay, bakmi goreng, dan sebagainya.

4.Tulang 
Tulang babi juga berguna lho. Dalam apa saja? 
- Industri pariwisata: patung, ukiran, souvenir, dll. 
- Industri makanan/minuman: arang tulang sebagai filter penyaring air mineral, karena pori-pori tulangnya bagus. 
- Indutri obat: gelatin dari tulang sebagai bahan soft capsule. 
- Industri pertukangan: bahan lem, dsb. 

5.Organ Dalam 

Beberapa organ dalam yang terpakai dan fungsinya: 
- Transplantasi organ: ginjal, hati, jantung. 
- Plasenta: kosmetika (facial, hand and body lotion), sabun, dsb. 
- Enzim pencernaan: amilasi, lipase, tripsin, pankreatin, pepsin, dll. 



6.Kulit 
Berguna dalam industri kulit (leather handicrafts) seperti tas, sepatu, dompet, dll. 

7.Kotoran Kotoran babi berguna sebagai pupuk tanaman. Di Jepang, kotoran itu digunakan sebagai pupuk tanaman apel, karena dapat menciptakan warna merah pada kulit apel yang oke.

Tuh kan, kegunaan babi tuh lengkap…kap…kap. Semua bagian tubuhnya berguna. Meski begitu, buat kamu-kamu yang muslim, sebaiknya jangan konsumsi babi yah, tetep, nggak boleh dilanggar. (kan udah ada ada aturannya)



Daging babi memberikan manfaat yang sangat banyak : 


1. Sebagai SUMBER PROTEIN HEWANI yang sangat baik : 
2. Daging babi empuk, seratnya lembut, dan lezaaat…!? Sehingga 
banyak disukai konsumen. 
3. Banyak tersedia di pasaran dan tersebar di hampir seluruh 
pasar tradisional. 
4. Harga daging babi jauh lebih murah daripada daging sapi, dll. 
5. Dapat diolah sebagai bahan PENGEMULSI produk-produk olahan 
makanan yang cukup baik : 
6. Lesitin babi banyak tersedia di pasaran sebagai bahan 
pengemulsi adonan roti, coklat, dll. 
7. Emulsifier E471 banyak dipakai di roti tawar, coklat, dll. 


LEMAK BABI 
Lemak babi yang ditambahkan pada makanan membuat makanan menjadi 
lebih menarik dan beraroma sedap. 
Lemak babi (lard) sering dipergunakan dalam aneka masakan, seperti : 
õ Bakso dan bakmi : dicampurkan sebagai kuah pelezat. 
õ Mie instant : dipakai sebagai penyedap sehingga aromanya 
menjadi lebih semerbak. 
õ Kue dan roti (bakery) : dipakai sebagai pemberi sensasi 
lezat, gurih, liat, legit, dan beraroma sedap. 



UNTUK APA BULU BABI DIIMPOR? 
õ Bulu putih/hitam babi banyak dipakai sebagai bahan BULU pada 
kuas, baik kuas roti, kuas cat tembok, kosmetik, dll. 
õ Pada gagang kuas berbulu babi biasanya tertulis : Bristle, 
Pure Bristle, 100% China Bristle, dll. 
õ Pada Webster's Dictionary, salah satu makna Bristle adalah 
Pig Hair (Bulu Babi) 

NUTRIEN BABI 
Dari babi dapat diekstrak/diproduksi beberapa macam nutrien penting 
bagi manusia, seperti : 
1. Enzim pencernaan : Amylase, lipase, tripsin, pancreatin (dari 
saluran pencernaan babi), pepsin (dari lambung babi) 
2. Mineral : calcium Stearate, magnesium stearat 
3. Glyserin : softdrink, kosmetika (facial, hand & body lotion, 
sabun, dll.) 

4. Glycerols 


Beberapa bagian dari babi yang pernah dan atau masih menyumbangkan perannya 
dalam industri farmasi adalah sebagai berikut : 


Kelenjar adrenal 
Kelenjar ini terdapat pada ginjal. Kelenjar ini dapat menghasilkan hormon yang 
disebut sebagai steroid dan epinephrine. Hormon hormon yang dihasilkan oleh 
kelenjar adrenal babi pernah merupakan sumber penting yang digunakan untuk 
mengatasi beberapa penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan tubuh. Namun 
sekarang hormon-hormon tersebut sudah banyak diproduksi secara sintetis. 

Kelenjar pancreas 
Salah satu hormon yang dihasilkan oleh organ ini adalah insulin. Insulin sangat 
akrab dengan penderita diabetes. Insulin berfungsi untuk mengatur metabolisme 
gula dalam tubuh. Salah satu sumber insulin yang sudah tidak asing lagi 
digunakan dalam dunia kedokteran adalah insulin babi. Untuk menghasilkan 1 
pound insulin didapatkan dari 60 ribu ekor babi serta diperkirakan mampu 
mengobati pasien diabetes sebanyak 750-1.000 orang selama setahun . Jika 
produksi babi pertahun sebanyak 85 juta maka insulin yang mampu dihasilkan 
selama setahun adalah 1.400 pound. Jumlah tersebut dapat mengobati pasien 
sebanyak 1, 050 juta – 1,4 juta pertahunnya. Jumlah yang cukup spektakuler. 

Saat ini ada alternatif lain pengganti insulin seperti humulin yang walaupun 
lebih sedikit mahal, ternyata cukup diminati oleh pasien untuk mengganti hormon 
insulin babi. 

Lambung 

Lapisan dalam lambung mengandung protein dan enzim. Bagian ini secara komersial 
digunakan untuk memproduksi sejenis bahan untuk membantu pencernaan (digestive 
aids) dan antacid. 

Usus halus 

Heparin adalah bahan yang ditemukan secara ekslusif pada dinding dalam usus 
halus (babi). Heparin diklasifikasikan sebagai produk pharmaceutical yang 
esensial. 

Jantung 

Jantung babi digunakan untuk keperluan transplantasi untuk mengganti katup 
jantung yang sudah tidak berfungsi lagi.. Katup jantung babi yang digunakan 
pada manusia,ternyata sangat minimal mengalami penolakan pada tubuh manusia. 
Hal ini menunjukkan bahwa banyak kemiripan system vital yang terjadi pada 
manusia dan babi. 

Kulit 
Kulit dalam bentuk gelatin digunakan dalam industri pembuatan kapsul. Selain 
itu kolagen yang merupakan bagian dari kulit digunakan untuk menstimulasi 
pembekuan darah selama operasi. 

Darah 
Fibrin darah yang diekstraks dari darah babi digunakan untuk membuat asam amino 
yang menjadi bagian dari cairan infus yang ditujukan untuk memberikan nutrisi 
bagi pasien yang mengalami beberapa operasi tertentu. Darah babi juga 
dipergunakan untuk keperluan media microbial dan kultur sel. 
Sumber : republika online 

Dan masih banyak lagi....Hebat kan? :)


16 komentar:

  1. babi panggang?! weleh... weleh.... wueenak tenan

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya. Mudah-mudahan banyaaak orang baca blog ini. Sehingga tidak selalu menjelek-jelekan BABI, karena babi salah satu ciptaan Tuhan.

    BalasHapus
  3. idih jijik ahhhh

    BalasHapus
  4. Tapi daging babi tetap haram

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. doktrin dari kecil babi di jelek2in

    BalasHapus
  7. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.
    Komentar yang dinilai negatif akan saya hapus. Mohon kerja samanya :)

    BalasHapus
  8. Wah...topiknya bagus..bisa buat nambah wawasan. Templatenya jg bagus
    Ijin share ya...
    Ane ada jual dendeng dan sosis babi yg gurih dan enak gan...dijamin nikin ketagihan
    Silahkan kunjungi http://dendengshmita.blogspot.com/
    atau sms ke 082148043480 utk order..Bisa kirim2 jg kok..Ditunggu gan..!!

    BalasHapus
  9. haram banyak penyakitnya..

    BalasHapus
  10. Haram Kalo dimakan paru paru isinya. Belatung semua, macam dikasus

    BalasHapus
  11. Tuhan tidak menciptakan sesuatu yang sia-sia, Nabi Isa AS tidak pernah memakan babi.. dan kitab Injil yang asli menharamkan babi, perintah Tuhan hanya demi kebaikan kita sebagai hambanya

    BalasHapus
  12. lekak .... lok yang makan babi dong gak bisa hidup n gak sehat ya ? nonsen tuh.... Semua Ciptaan Tuhan Ada Manfaatnya bro.... Cuman Manusianya yang Kelewatan ...

    BalasHapus
  13. lekak .... lok yang makan babi dong gak bisa hidup n gak sehat ya ? nonsen tuh.... Semua Ciptaan Tuhan Ada Manfaatnya bro.... Cuman Manusianya yang Kelewatan ...

    BalasHapus
  14. https://khabibkhan.wordpress.com/2011/01/28/kenapa-babi-itu-haram

    Silahkan di buka blog ini... Semoga bsa mnjdi jawaban dari pertanyaan saudara...
    Jgan ada perpecah belahan dari kita semua..... Salam damai indonesia kita semua 😉

    BalasHapus
  15. Total saya penggemar babi panggang, seminggu aja kalo gak kena daginggnya dunia rasanya hampa dan tidak selera makan. Trimakasih buat sang pencipta yang adil walapun dihujat dan diharamkan.

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©