Langsung ke konten utama

Google Tersedia Dalam Bahasa Bali



Halo sahabat blogger semua? Intan mau bebagi info dikit nih tentang google.co.id

Google kini menyediakan tambahan bahasa daerah untuk pengguna Google Indonesia. Bahasa Bali kini tersedia untuk pilihan bahasa pada halaman Google Indonesia. Pilihan ini bisa ditemukan ketika pengguna mengunjungi Google.co.id (ada di bawah kolom pencarian). Dengan memilih pilihan ini, pengguna bisa menikmati tampilan teks dalam bahasa Bali, misalnya bisa dinikmati dari teks tampilan menu di Google. Dengan penambahan ini Google telah menyertakan dua bahasa daerah untuk pengguna Google di Indonesia, sebelumnya Google telah menyediakan pilihan bahasa Jawa.

Dalam rilis pers dikatakan bahwa proses penerjemahan ini dilakukan bulan Maret dan April tahun lalu. Penerjemahan dilakukan atas kerja sama dengan Yayasan Dwijendra serta BASAbali.org. Ada 45 mahasiswa serta ahli bahasa dari Universitas Udayana, Yayasan Dwijenda dan Balai Bahasa yang membantu proses penerjemahan. Windhu Sancaya, kepala ahli bahasa untuk BASABali.org mengatakan bahwa penambahan pilihan bahasa Bali di Google Indonesia ini diharapkan bisa membantu mengembangkan bahasa Bali khususnya bagi anak muda yang kini suka menggunakan internet dan teknologi informasi lain. Selain itu Windhu juga mengatakan bahwa ketersediaan bahasa Bali ini, “juga akan menciptakan kesadaran bagi mereka untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa sebagai bagian dari kehidupan mereka di tengah-tengah globalisasi”.

Sedangkan Rudy Ramawy, Head of Country Google Indonesia mengatakan bahwa Google dengan senang hati membantu upaya untuk melestarikan warisan Indonesia yang kaya budaya dan bahasa. Rudy juga berharap, “bahasa Bali di Google akan memudahkan lebih banyak lagi pengguna internet menemukan informasi yang mereka butuhkan”. Bahasa Bali ini akan tersedia di home page Google serta di hasil pencarian, tetapi tidak menjadi salah satu bahasa di Google Translate.

Seperti apa mesin pencari Google dalam bahasa Bali?

1. Bagi yang ingin mencoba menjelajah dunia online dengan Google berbahasa Bali silahkan menuju ke http://www.google.co.id/ .

2. Pada bagian bawah pilih bahasa Bali “Basa Bali”

Bahasa Bali, Google Pencarian, Pencarian Google Bahasa Bali, Bahasa Bali 2013, Google Terbitkan Bahasa Bali, Search Engine Bali, PutuGiBagi

Kita akan langsung dihadapkan dengan petunjuk berbahasa Bali seperti “Penyiksikan” yang dalam bahasa Indonesia artinya “pencarian”, berasal dari kata “sik-sik” merupakan kata kerja yang berarti “cari”. Ada juga petunjuk dengan kalimat “Tiang Sedek Aget” yang berarti “Saya Lagi Beruntung”.

Bahasa Bali, Google Pencarian, Pencarian Google Bahasa Bali, Bahasa Bali 2013, Google Terbitkan Bahasa Bali, Search Engine Bali, PutuGiBagi

Dengan penambahan bahasa Bali ke dalam mesin pencari Google diharapkan masyarakat lebih mengenal bahasa daerah di Indonesia. Saya berharap kedepannya akan ada penambahan bahasa daerah lainnya sehingga semakin beragan bahasa yang Kita kenal - Menjelajahi Dengan Google Berbahasa Bali. Semoga bermanfaat untuk anda semua. :)
http://putugibagi.blogspot.com/2013/02/bahasa-bali-kini-tersedia-di-mesin.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…