Pages

Sabtu, 09 Maret 2013

Google Tersedia Dalam Bahasa Bali



Halo sahabat blogger semua? Intan mau bebagi info dikit nih tentang google.co.id

Google kini menyediakan tambahan bahasa daerah untuk pengguna Google Indonesia. Bahasa Bali kini tersedia untuk pilihan bahasa pada halaman Google Indonesia. Pilihan ini bisa ditemukan ketika pengguna mengunjungi Google.co.id (ada di bawah kolom pencarian). Dengan memilih pilihan ini, pengguna bisa menikmati tampilan teks dalam bahasa Bali, misalnya bisa dinikmati dari teks tampilan menu di Google. Dengan penambahan ini Google telah menyertakan dua bahasa daerah untuk pengguna Google di Indonesia, sebelumnya Google telah menyediakan pilihan bahasa Jawa.

Dalam rilis pers dikatakan bahwa proses penerjemahan ini dilakukan bulan Maret dan April tahun lalu. Penerjemahan dilakukan atas kerja sama dengan Yayasan Dwijendra serta BASAbali.org. Ada 45 mahasiswa serta ahli bahasa dari Universitas Udayana, Yayasan Dwijenda dan Balai Bahasa yang membantu proses penerjemahan. Windhu Sancaya, kepala ahli bahasa untuk BASABali.org mengatakan bahwa penambahan pilihan bahasa Bali di Google Indonesia ini diharapkan bisa membantu mengembangkan bahasa Bali khususnya bagi anak muda yang kini suka menggunakan internet dan teknologi informasi lain. Selain itu Windhu juga mengatakan bahwa ketersediaan bahasa Bali ini, “juga akan menciptakan kesadaran bagi mereka untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa sebagai bagian dari kehidupan mereka di tengah-tengah globalisasi”.

Sedangkan Rudy Ramawy, Head of Country Google Indonesia mengatakan bahwa Google dengan senang hati membantu upaya untuk melestarikan warisan Indonesia yang kaya budaya dan bahasa. Rudy juga berharap, “bahasa Bali di Google akan memudahkan lebih banyak lagi pengguna internet menemukan informasi yang mereka butuhkan”. Bahasa Bali ini akan tersedia di home page Google serta di hasil pencarian, tetapi tidak menjadi salah satu bahasa di Google Translate.

Seperti apa mesin pencari Google dalam bahasa Bali?

1. Bagi yang ingin mencoba menjelajah dunia online dengan Google berbahasa Bali silahkan menuju ke http://www.google.co.id/ .

2. Pada bagian bawah pilih bahasa Bali “Basa Bali”

Bahasa Bali, Google Pencarian, Pencarian Google Bahasa Bali, Bahasa Bali 2013, Google Terbitkan Bahasa Bali, Search Engine Bali, PutuGiBagi

Kita akan langsung dihadapkan dengan petunjuk berbahasa Bali seperti “Penyiksikan” yang dalam bahasa Indonesia artinya “pencarian”, berasal dari kata “sik-sik” merupakan kata kerja yang berarti “cari”. Ada juga petunjuk dengan kalimat “Tiang Sedek Aget” yang berarti “Saya Lagi Beruntung”.

Bahasa Bali, Google Pencarian, Pencarian Google Bahasa Bali, Bahasa Bali 2013, Google Terbitkan Bahasa Bali, Search Engine Bali, PutuGiBagi

Dengan penambahan bahasa Bali ke dalam mesin pencari Google diharapkan masyarakat lebih mengenal bahasa daerah di Indonesia. Saya berharap kedepannya akan ada penambahan bahasa daerah lainnya sehingga semakin beragan bahasa yang Kita kenal - Menjelajahi Dengan Google Berbahasa Bali. Semoga bermanfaat untuk anda semua. :)
http://putugibagi.blogspot.com/2013/02/bahasa-bali-kini-tersedia-di-mesin.html

2 komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©