Langsung ke konten utama

3 Cara Mudah Membungkus Kado Yang Keren


Kado melambangkan banyak hal. Mulai dari tanda kasih sayang, perhatian, penghargaan, hingga penghormatan. Kado selalu melekat sebagai hadiah yang kita berikan pada peristiwa-peristiwa penting, seperti acara pernikahan dan ulang tahun. Kado bukanlah sekadar pemberian, tapi juga memiliki makna sehingga untuk membungkusnya tidak boleh asal-asalan. Kenapa?

Kado ibarat ungkapan hati dan perasaan kita. Jika kita memberikan kado dengan bungkus yang tidak rapi dan terkesan asal-asalan, tentu akan mengundang asumsi bahwa ekspresi ungkapan kita tidak baik. Tidak menandakan bahwa kita menghargai nilai pemberian tersebut melalui kado itu. 

Sebaliknya, jika kado dibungkus dengan indah, penerimanya akan sangat senang. Sekalipun isinya sederhana, dengan pembungkusan sentuhan seni, akan terkesan istimewa dan mahal. Ada beragam variasi seni bungkus kado, bisa berbentuk baju batik, tas, kotak, dompet, atau kantung. Berikut ini contoh membuat kado "kemeja batik pria".


Bahan dan alat:

  -    1 lembar kertas kado motif batik
  -    1 lembar kertas kado polos atau kertas korea polos bertekstur.
  -    Selotip
  -    Lem
  -    Kancing kemeja
  -    gunting




Cara membuat:
 

1. Lipat kedua sisi kertas kado motif batik ke arah tengah untuk membentuk badan baju. Gunting kertas kado polos berbentuk persegi panjang, lalu tempelkan dengan lem ke bagian tengah badan kemeja untuk tempat kancing.


2.  Lipat bagian bawah seperti membuat "amplop ucapan Idul Fitri". Rekatkan dan rapikan dengan selotip. Masukkan isi kado.


3. Balik bungkus kado, lalu tempeli bagian atasnya dengan potongan kertas kado polos. Gunting sisi kanan dan kiri untuk membentuk kerah seperti pada baju batik perempuan. Perkuat dengan lem.


4. Tempelkan kancing di tengah baju. Buat saku dan lengan baju dengan kertas kado polos. Rekatkan ke badan kemeja dengan lem.







Cara membuat bungkus kado unik

BAHAN:
  • Kain Polos (dari kain bekas maupun kain yang baru yang tidak memiliki banyak tekstur)
  • Kayu dengan bentuk huruf (selain dari kayu yang sekarang bisa menggunakan dari mainan anak-anak yang berbentuk huruf
  • Tinta roller (sikat spons)
  • Tinta hitam
  • Tatakan dari keramik
  • Cetok atau spatula
CARA MEMBUAT:

Langakah Pertama:
  • Mengambil spatula untuk menyebarkan tinta secara merata di tatakan dan menggunakan roll.( jenis kayu sesuai huruf yang kamu inginkan)
  • Tekan kuat pada kain.
  • Tekstur sesuai huruf yang Anda inginkan, ntah itu secara acak maupun rapi. Jika acak bisa menambah kesenian tersendiri.
Cara membuat bungkus kado unik
Cara membuat bungkus kado unik

Langkah Kedua:
  • Ulangi langkah 1 berulang-ulang sampai seluruh permukaan tertutup secara acak. Sehingga menghasilkan banyak bentuk huruf dan tempat yang kamu diingikan.
  • Diamkan kain sampai kering.
Cara membuat bungkus kado unik
Cara membuat bungkus kado unik

Langkah Ketiga:
  • Setelah itu mengering Setrika kain selama 5 menit dengan uap setrika atau memasukkannya ke dalam pengering selama 10 menit.
  • Jadi deh kado yang Anda buat..
Cara membuat bungkus kado unik


Demikian proses Cara membuat bungkus kado unik dari kain, baik dari kain bekas maupun kain yang baru. Unik bukan jika kita member kado dari buatan sendiri namun memiliki sesuatu yang unik. Semoga bermanfaat ya kerajinan atau kreasi tangan ini yang kreatif ini..^_^/..
Artikel yang terkait dengan cara membuat bungkus kado unik, bungkus kado kotak, cara bungkus kado kreatif, bungkus kado unik, kreasi bungkus kado, cara membungkus kado, tips bungkus kado




Cara Membuat Tas Kertas Kado

Alat dan Bahan:

  1. Kertas motif
  2. Gunting/cutter
  3. Penggaris
  4. Tali/Pita
  5. Lem/ Double Type
  6. Strapler bolong

Cara Membuat:

langkah 1

Buatlah pola dengan ukuran 23 cmx 8cm x 3 cm. Kemudian cetak  pola di atas kertas dengan pensil. Setelah tercetak, potong kertas ikuti  alur pola dengan hati-hati, bisa menggunakan cutter/ gunting.

langkah 2

Beri celah sepanjang bagian belakang lipatan agar dapat melipat lebih mudah. Lalu lipat sisi-sisi kertas dan rekatkan dengan lem.

langkah 3

Kemudian lem dasar tas, gunakan double type agar lipatan lebih kuat.

langkah 4

Bentuk  lipatan di sisi kanan kiri (yang berukuran panjang), lipat dengan jarak sama. Kemudian tekan  dengan lembut agar kertas tidak robek dan terdorong ke dalam dengan sempurna.

langkah 5

Buatlah lubang dengan strapler lubang di bagian atas tas, kemudian pasangkan tali/pita sesuai selera. Masukkan ujung-ujung pita/tali di setiap lubang, kemudian buatlah simpul di bagian dalam tas, agar tidak terlihat dari luar dan tas terlihat lebih rapih.  kamu juga bisa menambahkan aplikasi berupa pita, bunga atau hasil kreasimudi bagian tas.
Tas kreasi siap digunakan!! :)


Komentar

  1. Keren...boleh dicoba nih..thanks :)

    BalasHapus
  2. bagus banget , kebetulan sekali ya saya lagi bingung buat ngebungkus kado , ehh liat di artikel ini ada cara membungkus kado , keren pula ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…