Pages

Selasa, 19 Maret 2013

10 Makanan Khas Korea Selatan



1. Kimchi
Makanan Korea Paling Terkenal di Dunia yang pertama adalah Kimchi. Kimchi adalah makanan tradisional khas Korea. Kimchi merupakan asinan sayur setelah dilakukan fermentasi. Sebelumnya sayuran dicuci dan di beri garam lalu dicampur dengan bumbu-bumbu seperti udang, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan cabai. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Kimchi banyak di gunakan sebagai bahan masakan Korea seperti sup kimchi, nasi goreng kimchi.
Makanan Korea Kimchi
Kimchi

Pada awalnya orang Korea membuat kimchi sebagai makanan persediaan sewaktu musim dingin. Orang Korea baru mengenal cabai setelah kedatangan para pedagang Portugis. Sehingga mulai saat itu orang Korea mulai mencampurkab cabai pada Kimchi. Para pedagang Portugis berdagang keliling dunia dan mayoritas barang dagangan berasal dari negeri-negeri di Asia Tengggara termasuk Indonesia. Resep asinan sayuran dan labu sudah dimuat dalam buku resep terbitan tahun 1670, tapi tidak menggunakan cabai. Di dalam catatan sejarah abad ke-17 ditulis tentang 11 jenis kimchi, sedangkan cabai sebagai bahan kimchi mungkin baru populer bertahun-tahun kemudian, menurut perkiraan 200 tahun kemudian. Sebelum abad ke-19, Kimchi hanya dibuat dari sayuran asli Korea karena sawi putih kemungkinan besar tidak dikenal di Korea sampai abad ke-19.

2. Bibimbap
 
Makanan Korea yang terkenal di dunia
 berikutnya adalah Bibimbap. Bibimbap berasal dari kata 'Bibim' yang berarti campuran dan 'Bap' yang berarti beras atau nasi. Secara harfiah Bibimbap berarti Nasi Campur.
Makanan Korea Bibimbap
Bibimbap

Bibimbap berupa semangkuk nasi putih dengan di beri lauk pauk di atasnya berupa berupa sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas. Yang unik adalah, sebelum di makan nasi dan lauk harus di aduk terlebih dahulu mencadi satu. Di Korea sendiri Bibimbap memiliki banyak variasi tergantung asal daerah masing-masing.

3. Dakjuk
Dakjuk adalah masakan korea yang terbuat dari daging Ayam yang direbus dalam air dan dicampurkan bumbu bawang putih dan bawang merah. Lalu kemudian di tambahkan nasi dan dimasak sampai matang. Bahan utama Dakjuk adalah beras, ayam, dan bawang putih.

Makanan Korea Dakjuk
Dakjuk 

Setelah matang hasilnya seperti bubur ayam yang kental dengan rasa bawang yang kuat. Dakjuk banyak disukai oleh anak-anak dan orang dalam masa penyembuhan karena makanan ini tidak pedas dan mudah dicerna.

4. Ddukbokkie
Ddukbokkie adalah makanan snack yang sangat populer di Korea. Ddukbokkie banyak di jajakan di pinggir jalan oleh para pedagang makanan di malam hari. Makanan ini dibuat dari ikan, telur rebus, ditambah saus pedas yang sedikit manis.

Makanan Korea Ddukbokkie
Ddukbokkie

Sebagai penawar rasa pedas, ditambahkan juga kue beras yang kenyal dan lembut. Ddukbokkie aslinya adalah berupa hidangan tumis yang terdiri dari garaetteok (tteok berbentuk silinder Tteok) yang dikombinasikan dengan berbagai bahan seperti daging sapi, tauge, bawang, jamur shiitake, wortel, dan dibumbui dengan saus kedelai.

5. Japchae
 
Japchae adalah salah satu jenis makanan Korea yang menggunakan mie sebagai bahan utama. Japchae adalah masakan korea yang berupa mie sohun yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini biasa di sajikan sebgai lauk pendamping nasi. Cara memasak makanan ini cukup rumit. Yaitu masing-masing bahan di tumis secara terpisah untuk mempertahankan rasa dan aroma masing-masing.

Makanan Korea Japchae
Japchae 

Bahan seperti daging sapi dan sayuran di potong kecil-kecil dengan bentuk memanjang. Sayuran yang di gunakan biasanya berupa wortel, paprika, jamur shitake, bawang bombay, dan bayam. Daging sapi ditumis bersama minyak wijen dengan bumbu bawang putih, kecap asin, dan gula pasir. Setelah semua bahan matang kemudian dicampurkan dengan mie sohun yang sudah di rebus dan di aduk-aduk bersama minyak wijen, irisan cabai, dan wijen.

6. Bulgogi
Makanan Korea yang terkenal di dunia berikutnya adalah Bulgogi. Makanan ini berupa daging sapi yang diiris-iris kemudian dicelupkan ke dalam saus. Saus atau bumbu bulgogi adalah berasal dari campuran bawang putih, kecap asin, dan gula.

Makanan Korea Bulgogi
Bulgogi 

Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus Bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera masing-masing. Bulgogi identik dengan makanan Jepang yang sudah sangat terkenal yaitu Yakiniku. Dibanding dengan Yakiniku, Bulgogi terasa lebih manis.

7. Hoddeok
 
Hoddeok adalah jenis makanan korea mirip dengan pancake yang biasa kita kenal. Ciri khas Hoddeok adalah rasanya yang sangat manis. Makanan ini banyak di jual oleh pedagang makanan jalanan di Korea Selatan. Biasa di makan pada musim dingin.

Makanan Korea Hoddeok
Hoddeok
Adonan Hoddeok di buat dari tepung terigu, air, susu, gula, dan ragi. Adonan Haddeok kemudian diisi dengan campuran ula merah, madu, kacang, dan kayu manis. Hoddeok adalah makanan favorit anak-anak di Korea.

8. Seolleongtang
Seolleongtang adalah makanan Korea yang terbuat dari tulang sapi yang direbus dalam waktu yang lama sehingga menjadi sup. Potongan daging sapi dan lobak juga menjadi campuran untuk masakan ini. Seolleongtang biasa di makan saat musim dingin sebagai menu sarapan atau makan malam. Untuk memasak Seolleongtang pertama-tama air direbus di dalam panci besar dan setelah mendidih bagian kepala dan tulang sapi kemudian dimasukkan.

Makanan Korea Seolleongtang
Seolleongtang 

Setelah beberapa saat kepala dan tulang sapi dikeluarkan kembali dan direndam dalam air segar. Air tersebut kemudian direbus dengan menambahkan tulang rusuk dan kaki sapi. Untuk menghilangkan bau sapi yang tidak sedap ditambahkan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan jahe. Semakin lama Seolleongtang direbus maka akan semakin gurih dan semakin banyak kandungan gizinya.

9. Soondubu Jiggae
 
Makanan Korea yang terkenal berikutnya adalah Soondubu Jiggae. Soondubu Jiggae adalah sejenis sup yang dibuat dari tahu, seafood (seperti tiram, remis, atau udang), sayuran, jamur, bawang, daun bawang, dan bubuk cabe.

Makanan Korea Soondubu Jiggae
Soondubu Jiggae 

Makanan ini lebih kental dari sup, namun lebih encer dari bubur. Secara tradisional, Soondubu Jiggae dimasak dengan menggunakan gerabah. Soondubu Jiggae biasanya dimasak hanya untuk satu piring.

10. Yangnyeom Tongdak
Makanan Korea yang terkenal di dunia terakhir adalah Yangnyeom Tongdak. Yangnyeom Tongdak berasal dari kata 'Yangnyeom' yang berarti bumbu dan 'Tongdak' yang berarti ayam.

Makanan Korea Yangnyeom Tongdak
Yangnyeom Tongdak 

Yangnyeom Tongdak adalah berupa ayam goreng dengan taburan saus manis asam pedas ala Korea. Saus dibuat dengan campuran bawang puti, saus tomat, gula, dan cabai.

1 komentar:

  1. jadi penasaran sama rasa hoddeok , meskipun penampilannya sederhana tapi sepertinya rasanya enak ..

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©