Pages

Kamis, 14 Februari 2013

Seputar Blackberry Z10




Menurut pengamat teknologi, Blackberry terlihat terlambat dalam mengupgrade ponsel dan antarmuka mereka. Saat ini ponsel dengan merk Blackberry cukup ketinggalan jauh dari pesaing mereka seperti Samsung dan iPhone. Wajar akhirnya hal ini membuat banyak konsumen yang mulai berpindah atau melirik ponsel dengan merk lain.
Rabu kemarin Blackberry menghelat sebuah acara yang bertempat di New York untuk meluncurkan ponsel mereka yang digadang-gadang bakal menaikkan kembali brand Blackberry. Selain itu, Blackberry juga telah mengganti nama perusahaan mereka dari yang sebelumnyaResearch In Motion (RIM) menjadi Blackberry. Mungkin penggantian nama Research In Motion menjadi Blackberry ini dilakukan karena lebih banyak orang mengenal perusahan pembuat ponsel tersebut sebagai Blackberry bukannya RIM.
Digadang menjadi ponsel Hi-End, Blackberry Z10 tampaknya dibekali dengan berbagai macam utilities yang jauh berbeda dari sebelumnnya.
1) Dimensi
Pertama kita melihat dari sudut Dimensi, Blackberry Z10 memiliki ukuran 130 mm x 66 mm x 9,3 mm. Tapi untuk sebuah ponsel dengan layar sentuh itu tak terlalu masalah kelihatannya, walaupun tidak dapat mengalahkan ketipisan iPhone 5 yang memiliki ketebalan hanya 7,6 mm. Sedangkan untuk bobotnya, Blackberry Z10 memiliki berat 138 gram, yang kembali berbeda tipis dengan iPhone yang hanya memiliki bobot 112 gram tapi tak bergitu berbeda dengan Galaxy S III milik Samsung yang memiliki bobot 133 gram.
2) Konektivitas
Untuk masalah konektivitas, sepertinya anda dapat bernafas lebih lega daripada biasanya, karena umumnya ponsel. Blackberry agak pelit dengan masalah jaringan daripada ponsel dengan antar muka Android. Balckberry Z10 ini hadir dengan jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan CDMA 800 / 1900 – untuk Verizon, jaringan 3G HSDPA 800 / 850 / 1700 / 1900 / 2100 dan HSDPA 900 / 2100 – untuk Verizon serta jaringan 4G LTE 700 / 850 / 1700 / 1900 dan LTE 700 MHz Class 13 – untuk Verizon. Selain itu terdapat juga fitur NFC, microUSB, microHDMI-Out, Bluetooth 4.0 Low Energy serta Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band.
3) Layar
BB Z10 mengandalkan layar sentuh kapasitive LCD yang bisa 4 titik sentuh sekaligus dengan ukuran 4, inci dan resolusi 1280 x 768 piksel serta dengan kerapatan 355 DPI. Jika dilihat, layar tersebut lebih besar dari iPhone 5 yang hanya 4 inci tapi masih kalah jauh daripada Galaxy S3 yang memiliki ukura layar 4,8 inci. Yang manariknya, kerapatn piksel Blackberry Z10 ini sangat unggul dibandingkan iPhone 5 yang 326 ppi dan Galaxy S3 yang 306 ppi.

4) Prosesor dan Memori
Untuk masalah kekuatannya, Blackbery Z10 dipersenjatai dengan prosesor dua inti Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8960 1,5 GHz dan RAM 2GB. Untuk memorinya, Blackberry Z10 menyematkan memori internal yang cukup besar yaitu 16 GB serta juga dapat ditambah lagi dengan menggunakan slot micro-SD hingga 64 GB. Jika dilihat sekilas, jeroan-jeroan tersebut cukup mumpuni untuk diajak komproi ketika membuka aplikasi ataupun memainkan game dalam ukuran besar.
5) Antar Muka
Inilah yang menjadi perbincangan hangat para penikmat gadget beberapa waktu yang lalu hingga sekarang, beberapa bulan sebelum peluncuran banyak para pengamat yang pesimis dengan OS Blackkberry Z10 ini, tapi hal tersebut berubah ketika mereka melakukan uji coba OS tersebut. Beberapa dari pengamat tersebut juga mengatakan bahwa Blackberry 10 ini akan menjadi batu ganjalan untuk antar muka iOS dan Android.
6) Warna
Untuk urusan warna, BB Z10 ini hanya tersedia dalam dua warna yaitu hitam dan putih. Warna tersebut merupakan warna yang hampir selalu digunakan disetiap ponsel mereka.
7) Baterai
Untuk masalah baterainya, BB Z10 mengandalkan baterai berjenis Lithium Ion denga kapasitas 1800 mAh. Baterai tersebut diklaim dapat bertahan sampai 312 jam dalam keadaan stand-by dan 10 jam waktu bicara.
8) Kamera
Tak ingin kalah dengan pesaingnya, Blackberry Z10 juga menyematkan kamera dengan resolusi 8 MP (3264 x 2448 pixels) terletak pada bagian belakang dengan disertai juga fitur autofocus, LED flash. Serta juga dilengkapi dengan kamera depan dengan resolusi 2 MP. Untuk merekam video, kamera belakang dapat merekam video dengan kualitas HD 1080p@30fps dan kamera depan juga dapat merekam video dengan kualitas 720p@30fps.
9) Harga Blackberry Z10
Untuk masalah harganya memang belum jelas harga tepatnya untuk wilayah Indonesia karena memang BB Z10 ini baru akan dijual sekitar bulan maret 2013. Tapi, di Amerika sendiri kabarnya harga ponsel ini akan dibanderol 199,99 USD dengan terikat kontrak 2 tahun melalui operator Verizon, dan untuk di Inggris BB Z10 akan dibanderol 479,95 poundsterling atau Rp. 7,32 juta.


Uji katahanan terhadap benturan – benturan fisik
Hadir sebagai salah satu produk Smartphone yang sanagat banyak sekali menyita perhatian publik, BlackBerry Z10 juga perlu mengalami uji katahanan terhadap benturan – benturan fisik. Oleh karena itu Mashable langsung melakukan uji ketahanan terhadap bahaya jatuh, suatu resiko yang paling besar terjadi pada aktivitas sehari – hari.
BlackBerry Z10 diuji ketahanan fisiknya dengan cara dijatuhkan dari ketinggian tertentu terhadap tiga macam permukaan yaitu Karpet, Kayu dan Semen. Dari pengujian ketahanan terhadap tiga jenis permukaan tersebut terlihat BlackBerry Z10 dapat melalui 2 jenis permukaan dengan lancar namun pada jenis permukaan yang ketiga Smartphone terbaru ini tidak berhasil melaluinya karena layarnya yang retak dan tidak berfungsinya sensor sentuhan pada layar. Ketahanan BlackBerry Z10 terhadap permukaan kayu dan karpet dimungkinkan karena bahan material penyusunnya berasal dari plastic yang lebih lentur dari pada bahan logam. Meskipun tidak berhasil melalui pengetesan tahap ketiga namun BlacjBerry Z10 dapat dikatakan memiliki tingkat ketahanan yang cukup baik seperti Smartphone lainnya.Untuk lebih jelasnya kamu dapat langsung melihat video Drop Test BlackBerry Z10 dibawah ini dengan klik link berikut : http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=Djj47D_n0Po


Kelebihan & Kekurangan Blackberry Z10

Sistem operasi BlackBerry 10 yang diluncurkan pekan lalu mengundang pro dan kontra. Mau tahu apa saja pro dan kontra itu? Ini jawabannya.

Keunggulan:
BlackBerry memiliki performa yang lebih bagus ketimbang versi sebelumnya. Apalagi, sistem operasi terbaru ini juga mendukung gerak intuitif. Kemudian, terdapat pula BlackBerry Hub untuk navigasi yang lebih mudah. Dukungan terhadap pengoperasian melalui papan ketik juga kembali menjadi andalan BlackBerry.

Kekurangan:
Aplikasi peta digital Maps pada BlackBerry 10 kelihatannya belum sempurna. Lalu, ketersediaan aplikasi yang berkualitas masih terbatas. Keterbatasan jumlah aplikasi itu membuatnya sulit bersaing dengan sistem operasi Android, iPhone dan Windows Phone.



2 komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©