Langsung ke konten utama

10 Resep Langsing Ala Putri Keraton


Ingin tubuhmu langsing layaknya putri keraton? Berikut beberapa resep alami dan tradisional agar tubuh anda langsing, singset, cantik bak putri keraton.

1. Daun Jati Belanda

Daun jati belanda terbukti mampu menurunkan kadar lipid darah. Ini berarti daun jati belanda bisa dijadikan obat alternatif antihiperlipidemia. Hampir semua jamu galian singset di Indonesia menggunakan daun ini. Menurut para ahli, daunnya mengandung zat alkaloids, damar dan zat samak. Nah, bagian dari daun jati belanda inilah yang dipakai untuk mengurangi pembentukan lemak, melangsingkan dan merampingkan tubuh.
Daun Jati Belanda sebagai Pelangsing alami

* Resep: Ambil 2 pucuk lembar daun jati belanda, cuci bersih dan potong-potong lecil. Lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas air. Setelah dingin, air tersebut disaring, lalu diminum 2-3 kali sehari. Agar rasanya lebih enak, boleh ditambahkan dengan gula secukupnya.

* Sebagai Pelangsing:

Ambil tujuh lembar daun jati belanda segar lalu cuci bersih. Tambahkan sepotong rimpang bangle, temulawak, atau kunir putih. Rebus dengan satu setengah gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum. Saat meramunya harus bersamaan dengan temulawak atau kunir putih guna mengurangi efek iritasi lambung. Selama mengonsumsi ramuan ini, tetaplah minum banyak air putih.

* Peluruh kolesterol:

Ambil beberapa lembar daun jati belanda kering. Seduh dengan air panas secukupnya, seperti membuat teh. Saring sebelum diminum. Agar tidak hambar, tambahkan satu sendok madu atau gula batu.

2. Daun Salam

khasiat dan manfaat daun salam

Selain untuk memasak, daun salam mengandung flavonoid dan tanin yang dapat digunakan untuk mengbati berbagai macam penyakit, antara lain: kolesterol tinggi, asam urat tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, maag dan diare.

Resep: Pilih 5 atau 7 helai daun salam yang masih segar. Setelah dicuci bersih, masak dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian disarin, setelah dingin minum sebelum makan siang dan makan malam.

3. Jeruk Nipis

Selain untuk memasak, banyak digunakan untuk obat, seperti batuk, sariawan dan flu. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C, potassium dan asam folat yang tinggi. Dengan rasa asam, jeruk nipis dapat melarutkan lemak. 
Manfaat dan khasiat jeruk nipis

Resep: Peras satu buah jeruk nipis, lalu airnya dapat dicampur sedikit air putih. Lalu minum secara teratur atau sebelum Anda makan.

4. Buah Delima 

Ternyata buah delima tak hanya buahnya yang bisa dinikmati. Tanaman delima memiliki berbagai macam khasiat mulai dari akar sampai kulit kayu. Salah satunya daun delima, yang ternyata dapat melangsingkan tubuh.
Khasiat dan manfaat delima

Resep: Ambil 2 lembar daun delima muda, cuci bersih dan tumbuk halus, remas-remas dan tambahkan air hangat kurang lebih 3 gelas, campur sedikit garam, lalu peras dan saring. Minumlah 2-3 kali sehari sebanyak setengah gelas, lakukan secara teratur.

5. Buah Nanas 

Nanas selain dikenal sebagai sumber vitamin C, juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit antara lain radang tenggorokan dan sembelit. Yang paling penting untuk kaum perempuan, nanas berguna mengatasi kegemukan !
manfaat nanas untuk kecantikan

Resep: Sediakan satu buah nanas yang tidak terlalu matang. Kupas lalu cuci sampai bersih. Potong kecil lalu jus atau parut, kemudian peras airnya. Minum air nanas sekaligus dan lakukan 2 kali sehari.

6. Daun Kemuning 

Khasiat kemuning sebagai obat untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Disamping itu, daunnya berguna mengatasi masalah kelebihan lemak pada tubuh.
khasiat kemuning

Resep: Ambil segenggam penuh daun kemuning, ditambahkan segenggam penuh daun mengkudu (Morido Citrifolia) dan setengah jari kelingking temugiring (Curcuma Heyneano). Semua bahan ditumbuk sampai halus, sambil ditambahkan 1 cangkir air lalu peras, dan diminum pagi hari sebelum sarapan.

7. Kunyit 

Selain sebagai bumbu dapur dan zat pewarna alami, kunyit juga dimanfaatkan sebgai obat tradisional. Kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri, berfungsi untuk pengobatan seperti: penyakit hepatitis, gangguan pencernaan, anti mikroba dan anti kolesterol.
manfaat kunyit

Resep: Ambil dua ruas kunyit, bersihkan, haluskan dan peras airnya. Lalu campur ke dalam air putih dan beri sedikit air asam. Minum secara teratur.

8. Wortel dan Mentimun

Wortel dikenal mempunyai banyak kandungan betakarotin. Sedangkan timun mempunyai kandungan air yang berlimpah. Uniknya, paduan ramuan keduanya ini ternyata juga mampu melangsingkan tubuh lho!
wortel untuk pelangsing

Resep: Caranya ambil 2 atau 3 batang wortel dan 1 buah mentimum berukuran sedang lalu diparut dan diperas. Untuk memperkaya rasa dapat Anda bubuhi sari jeruk nipis. Jus ini diminum sedikitnya 2 kali sehari, sampai Anda memiliki berat yang sesuai.

9. Rimpang Bangle

Bangle (Zingiber Purpereum Roxb) masih dalam keluarga (family) dari tanaman jahe, namun dengan tampilan warna ungu. Bangle ini pun telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Salah satu khasiat bangle karena mengadung enzim Lipase, yang dapat meluruhkan dan menghambat penumpukan lemak pada tubuh.
Zingiber Purpereum Roxb

Resep: Ambil 2 ruas rimpang bangle, cuci bersih dan rebus. Dinginkan lalu minum airnya. Bisa beri sedikit gula atau madu serta sedikit jeruk nipis, agar rasanya tidak menusuk hidung.

10. Teh Hijau
manfaat teh hijau

Teh hijau juga telah lama dikenal sebagai salah satu pembakar lemak dan pengobatan tradisional. Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. 

Resep: Seduh teh hijau dengan air panas lalu dinginkan, dan minum. Sebaiknya diminum sebelum menyantap makanan. Teh hijau akan membantu menahan asupan lemak. Atau, bisa juga minum the hijau sebelum Anda latihan olahraga, ini pun akan membantu membongkar lemak di bawah kulit lebih cepat.

ket: hiper-lipidemia adalah meningkatnya kolesterol plasma dan trigliserida atau turunnya kadar HDL yang bisa menyebabkan aterosklerosis dan serangan jantung. Dislipidemia dapat disebabkan karena penyebab primer (genetik) dan sekunder (penyakit lain). Semakin tinggi tingkat lemak biasanya disejajarkan dengan tingginya risiko penyakit kardiovaskuler. Kebanyakan kasus ini terjadi lebih banyak pada wanita daripada pria


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…