Pages

Senin, 31 Desember 2012

Tradisi Tahun Baru di Berbagai Negara


1.Denmark
Warga Denmark punya tradisi unik dalam menyambut tahun baru, yaitu memecahkan piring dengan melemparkannya ke pintu di rumah tetangga mereka. Tradisi ini sudah meluas di seluruh Denmark sehingga tak ada satu orang pun yang mengeluh atau memarahi sang pelaku. Kepercayaan tersebut guna mendapat keberuntungan selama setahun. Makanya, bagi keluarga yang paling banyak memecahkan berbagai benda pecah-belah di pintu tetangga, merekalah yang dipercaya paling banyak mendapat keberuntungan.



2.Meksiko
Meksiko punya tradisi tahun baru yang sedikit menyeramkan nih, Dreamers. Berbicara pada roh-roh merupakan kepercayaan yang melekat erat pada penduduk Mexico, dan malam tahun baru diyakini sebagai saat paling tepat untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang mati sebagai cara mendapat pesan tertentu, atau petunjuk akan masa depan. Akhirnya, tradisi ini jadi lahan bisnis tahunan. Contohnya, di Taos Inn, sebuah penginapan di New Mexico menawarkan paranormal yang siap jadi penghubung dengan dunia roh. Satu sesi selama 15 menit ini dihargai 15 US Dollar atau sekitar 147 ribu rupiah.



3.Korea
Nah, kalo menurut kepercayaan orang Korea, kalo pada saat malam pergantian tahun menyantap kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar dan kerupuk nasi atau thuck gook, maka mereka nggak akan bertambah tua tahun itu. Wah, yang ingin awet muda wajib mencicipinya juga nih!^^










4. Chili
Di Chile, tepatnya di Talca ada tradisi unik setiap pergantian tahun. Warga Talca merayakan tahun baru bersama keluarga mereka yang sudah meninggal. Karenanya, setiap jam 23.00 Walikota Talca membuka gerbang pemakaman utama di Talca. Saat itulah penduduk berdatangan dengan iringan musik klasik dan kerlip lampu yang temaram sebagai pelengkap acara. Tradisi ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.



5.Indonesia
Nah, kalo tradisi yang satu ini pasti sudah sering kita lakukan setiap akhir tahun. Terompet dan juga BBQ-an bersama keluarga dan teman-teman. Apalagi saat ini bentuk terompet sudah beraneka ragam, mulai dari terompet biasa hingga yang berbentuk naga. BBQ sendiri di rumah pun menjadi pilihan yang pas dibandingkan merayakan pergantian tahun di hotel yang pasti tarif rate-nya setinggi langit atau macet-macetan di jalan.




6. Brasil
Pada tengah malam, tepat pada waktu pergantian tahun, warga Brazil berbondong-bondong ke pantai dengan berpakaian putih. Mereka menaburkan bunga di laut dan mengubur mangga, pepaya serta semangka di pasir pantai sebagai penghormatan terhadap Dewa Lemanja, dewa laut yang dikenal dalam legenda negara sepak bola itu.







7. Jerman
Pada hari pergantian tahun, bangsa di negara ini tak segan-segan menghabiskan sisa hidangan perayaan tahun baru hingga ludes. Mereka percaya, dengan memakan semua hidangan itu, mereka takkan kekurangan pangan hingga tahun yang baru datang lagi.







 
 8.Amerika Serikat
Setiap 1 Januari, rakyat negeri Paman Sam biasanya mengunjungi sanak-saudara dan teman-teman mereka untuk berbagi kegembiraaan. Atau, mereka akan menghabiskan waktu di rumah sambil menonton Flower of Roses Tournament Parade di televisi. 
Selain itu, ada juga yang pergi ke stadion untuk menyaksikan pertandingan pertandingan football yang diselenggarakan di beberapa negara bagian, seperti Rose Bowl di Kalifornia, Orange Bowl di Florida, Cotton Bowl di Texas, dan Sugar Bowl di Lousiana.


1 komentar:

  1. beda beda ya gan tradisi tahun baru di tiap negera,, ada yang menyeramkan dan ada juga yang sudah biasa hehehe

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©