Pages

Senin, 10 Desember 2012

Lipstik Bisa Bikin Bodoh?


Vemale.com - Bibir merah merona adalah dambaan banyak wanita. Untuk cara praktis, lipstik memberikan rona bibir dengan berbagai warna yang bisa disesuaikan. Wanita dan lipstik memang tidak bisa dipisahkan. Tetapi.. sebuah penelitian terbaru melaporkan bahwa beberapa lipstik mengandung timbal. Secara tidak langsung, timbal adalah logam yang memiliki potensi merusak kesehatan otak, dilansir Newsmaxhealth.

Jumlah kecil timbal pengaruhi IQ dan kesehatan mental
Dalam sebuah analisis yang dilakukan Underwriters Laboratories, lebih dari 22 merek lipstik kenamaan Amerika memiliki jejak timbal. Walaupun kadar timbal yang ditemukan masih masuk kategori aman berdasarkan standarFood and Drug Administration/FDA (Badan Keamanan Makanan dan Obat Amerika), satuan pelindung konsumen meminta agar ada pengawasan untuk membatasi penggunaan zat beracun dalam kosmetik. Menurut Dr Sean Palfrey, direktur medis Boston Lead Poisoning Prevention Program, sekecil apapun jumlah timbal, berpotensi membahayakan IQ dan kesehatan mental.
Pada bulan Februari lalu, FDA mengeluarkan laporan 400 lipstik di pasaran yang positif memiliki jejak timbal. Jumlah tertinggi ada dalam produk Maybelline dan L'Oréal. Temuan ini membuat para pelindung konsumen meminta pejabat yang berwenang untuk tidak mengesampingkan risiko kesehatan masyarakat akibat timbal dalam kosmetik, khususnya lipstik.

Perdebatan panjang seputar lipstik
Hal ini memicu beberapa perdebatan panjang. Ada pihak berwenang yang mengatakan bahwa pemakaian lipstik hanya dioleskan di luar tubuh, potensinya untuk tertelan sangat kecil dan penyerapan timbal sangat sedikit, sehingga kadar timbal pada lipstik tidak dianggap berbahaya. Sementara itu Dr. Halyna Breslawec dari Personal Care Products Council mengatakan, "Jika Anda serius dengan kesehatan Anda dan masyarakat, seharusnya Anda tidak lagi memakai lipstik,"
Tentunya sulit menghilangkan kebiasaan wanita untuk tidak memakai lipstik. Tetapi hasil penelitian ini bisa menjadi acuan agar kita semakin berhati-hati memilih kosmetik. Jangan sampai keinginan untuk cantik justru membahayakan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©