Pages

Kamis, 27 Desember 2012

Kue Mewah Macaroons


"Made from egg, sugar, ganache and a little bit of magic", begitu salah seorang penulis mendeskripsikan bahan untuk membuat macaronatau macaroon ala Laduree, Paris.

Jangan khawatir, tidak hanya di Paris, kini kita bisa mendapatkan macaroon hampir di semua kota besar di dunia, termasuk di Jakarta. Namun the best macaroon di dunia adalah yang dibuat oleh penemunya, yaitu Laduree patisserie di ibukota Prancis.
Kue kecil bulat, renyah di bagian luar dan sangat lembut di tengahnya dengan penampilan imut dan cantik adalah produk paling terkenal yang dihasilkan oleh Laduree. Tidak kurang dari 15 ribu macaroon terjual di Laduree setiap harinya.
Sejarah Laduree macaroon berawal dengan Pierre Desfontaines, sepupu dari Louis Ernest Laduree, yang pada awal abad ke-20 beride untuk menumpuk dua buah macaroon dan menempelkannya dengan ganache.
Sejak hari itu macaroon di Laduree dibuat fresh setiap pagi di tempat khusus yang tidak disebut dengan dapur atau ruang produksi tetapi mereka sebut sebagai "laboratory", laboratorium Laduree.
The pastry chefs mengukur bahan-bahan dengan komposisi yang tidak berubah antara almonds bubuk, putih telur dan gula sebelum menambahkan sejumput bahan rahasia "know-how" atau yang disebut seorang penulis yang saya kutip di atas sebagai " a little bit of magic". Karena itu pula pembeli rela antri untuk mendapatkan macaroon paling enak dan terkenal di dunia ini.
Bahan rahasia ini dikatakan sebagai yang paling penting untuk menghasilkan perfect macaroon ala Laduree. Ini mungkin yang mungkin membuat macaroon Laduree tidak sama dengan macaroon yang dijual di tempat lain. 
Setelah matang dan diisi ganache, macaroon di Laduree disimpan selama dua hari sebelum dijual. Waktu dua hari itu diperlukan untuk menghasilkan kombinasi yang sempurna baik texture dan juga rasa. 
Tertarik untuk mencoba? Jika kamu tinggal di Jakarta, pas banget tuh. Di sana  juga ada yang menjual kok, tanpa harus perlu jauh-jauh ke Perancis! :D Salah satunya di Bittersweet Corner, Plaza Indonesia. Di kaskus pun ada saja yang menjualnya secara online untuk lokasi Jakarta, maupun Bandung, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp.4.000,-/pcs! Atau barangkali ada yang mau mencoba membuat? Berikut resep untuk membuat macaroon.


Setiap musim Laduree menciptakan rasa baru dengan variasi warna menjadi faktor yang penting seperti halnya aneka rasa yang dihasilkan. Rasa dan warna adalah dua hal vital yang menjadi ciri khas sekaligus daya tarik macaroon.
Berbicara tentang warna cantik macaroon, jangan bayangkan pewarna makanan yang rasanya horrible itu. Warna-warna cantik yang dihasilkan Laduree adalah dari bahan alami.
Kotak tempat macaroon memang hal lain yang juga khas di Laduree. Pembungkusnya harus tidak kalah cantik dan spesial dengan macaroon yang ada di dalamnya. Dalam beberapa kesempatan bahkan, Laduree berkolabirasi dengan designer sekelas Christian Louboutin dan Marniuntuk membuat box edisi khusus.
Bahan:
  • 200 g gula halus
  • 1/4 sdt ekstrak vanila
  • 180 g tepung almond
  • 3 butir telur
  • 30 g gula pasir
  • Pewarna makanan secukupnya (optional)
Filling:
  • 4 butir putih telur
  • 180 g unsalted butter, lelehkan
  • 150 g gula pasir
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • Pewarna makanan secukupnya (optional)
Cara membuat:
  1. Panaskan oven di suhu 150 oC. Ayak gula halus dan tepung almond, sisihkan.
  2. Alasi loyang dengan kertas roti, buat lingkaran-lingkaran berdiameter 5 cm.
  3. Kocok putih telur dengan mixer sampai mengembang, tambahkan garam.
  4. Tambahkan gula pasir secara bertahap dengan sendok teh, hingga putih telur mengembang dengan baik. Pindahkan ke mangkuk besar.
  5. Tambahkan perlahan-lahan campuran gula halus dan almond tadi ke dalam campuran putih telur, aduk dengan spatula.
  6. Tambahkan vanilla dan sisa campuran gula halus dan almond, aduk rata dengan spatula. Hindari buih yang terbentuk. Tambahkan pewarna makanan jika diinginkan.
  7. Masukkan adonan dalam kantong, lubangi ujungnya. Cetak adonan di loyang sesuai ukuran lingkaran yang telah dibuat. Panggang dalam oven sampai bagian bawahnya kering.
  8. Buat filling dengan kocok putih telur dan gula sampai cukup mengembang. Tambahkan mentega cair sambil terus dikocok, kemudian tambahkan vanila. Tambahkan pewarna jika diinginkan. Kocok dengan kecepatan rendah untuk menghilangkan gelembung udara. Aduk dengan spatula sampai halus.
  9. Beri macaroon yang telah dingin dengan filling, buat model sandwich. Simpan dalam wadah kedap udara, tahan untuk 2 hari.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©