Langsung ke konten utama

Fakta Unik Pashima

Fakta Unik Pashima


Saat ini, orang banyak menyebut pashmina chiffon, pashmina rayon/kaos, pashmina tie dye dan sebagainya. Nah ternyata, kebanyakan dari kita sudah melepaskan definisi sebenarnya dari pashmina tersebut, sehingga kita tidak tahu bahwa pashmina yang kita gunakan sebenarnya lebih mengacu pada kerudung atau syal daripada pashmina. Sedangkan pashmina sendiri bisa bermanfaat sebagai kerudung.

Apa sih pashmina itu?
Pashmina berasal dari bahasa Persia yang berarti kain wool. Bahan kain pashmina sendiri berasal dari bahan yang disebut Kashmir.Karena itu, jika kamu menemukan pashmina dengan harga cenderung mahal, biasanya terbuat dari kashmir asli. Ada juga yang sudah dicampur dengan sutra. Bentuknya panjang seperti selendang kerudung dan kadang-kadang memiliki motif yang artistik dan hangat digunakan, sehingga banyak yang menyukainya.
Pashmina wool merupakan pashmina terbaik dan paling halus serta mewah yang asalnya dari Himalaya. Serat pashmina memiliki ketebalan 15-19 mikron sehingga membuatnya begitu halus. Dahulu kain pashmina digunakan untuk lambang kemewahan, namun kini pashmina sudah menjadi berbagai benda fashion seperti syal, scarf dan sweater.

Memilih pashmina
Jika kamu ingin membeli pashmina, perhatikan apakah bahannya terdiri dari 100% pashmina atau sudah bercampur dengan sutra. Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada keindahan pashmina, namun bila kamu adalah tipe orang yang sangat mengutamakan kualitas, tidak ada salahnya memperhatikan hal tersebut. Untuk daerah dingin, pashmina dua lapis cocok digunakan. Namun untuk daerah tropis seperti Indonesia, pashmina satu lapis sudah cukup mampu menghangatkan badan.
Pilihlah pashmina yang ukurannya sesuai dengan tinggimu. Bila kamu memiliki tinggi sekitar 150 cm, gunakan pashmina dengan ukuran 200x75 cm. Untuk ukuran di atas 150 cm, gunakan pashmina ukuran 90x200 cm. Bila Anda benar-benar tinggi, mungkin butuh pashmina ukuran 125x250 cm. Memilih ukuran pashmina yang salah, berdampak pada penampilan karena bisa membuat kamu kelihatan pendek.

Salah Paham Istilah Pashmina
Karena perkembangan jaman atau kebiasaan, orang sekarang menyebut selendang atau kerudung bahan tertentu sebagai pashmina. Misalnya pashmina chiffon yang saat ini sedang marak menjadi item favorit para hijabers. Tidak banyak yang tahu bahwa yang mereka kenakan sebenarnya lebih mengacu pada selendang atau kerudung biasa. Namun apapun sebutannya, pashmina sudah menjadi bagian fashion dalam diri wanita. Pengguna pashmina masa kini bukan hanya hijabers, karena pashmina sudah dikenal sejak lama. Beberapa fashion item yang menjadi favorit adalah syal dan scarf fashion.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pashmina. Bisa juga menjadi koleksi cantik untuk membuat penampilanmu makin anggun dan menawan.:)  (vem/gil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…