Langsung ke konten utama

10 Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia


Berikut daftar 10 besar universitas yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di dunia menurut Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings

Universitas Harvard

Kampus tertua dan paling prestisius di Amerika Serikat ini dinilai memiliki sekolah kedokteran terbaik di dunia. Dalam penilaian QS, Harvard mendapat nilai sempurna 100 persen dalam parameter reputasi akademik, pekerja lulusan, dan penelitian.

Didirikan pada 1782, misi sekolah kedokteran Harvard adalah untuk menciptakan orang-orang terbaik dari beragam komunitas yang berkomitmen untuk kepemimpinan dalam rangka mengurangi penderitaan manusia yang disebabkan oleh penyakit.



Universitas Cambridge

School of Clinical Medicine Cambridge adalah kampus dengan fakultas kedokteran terbaik kedua di dunia. Dalam penilaian QS, Cambridge mendapat nilai 83.

Pada 1953, James Watson dan Francis Crick berhasil menyimpulkan struktur DNA di kampus ini. Atas hal inilah, keduanya menerima Penghargaan Nobel dalam Bidang Kedokteran pada 1962. Mayoritas lulusan Cambridge bekerja di National Health Service (NHS) Inggris dan sisanya menjadi praktisi umum.


Universitas Oxford
Universitas Oxford perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris ada di peringkat ketiga dengan skor 77,7 poin. Terlepas dari kenaikan biaya kuliah di Inggris pada 2012, kuliah kedokteran di Oxford masih tiga kali lebih murah dibandingkan di Harvard.



Universitas Stanford

Stanford adalah universitas tertua di bagian barat Amerika Serikat yang memiliki sekolah kedokteran. Kampus ini berada di peringkat keempat dengan skor 68,7 poin dari nilai maksimal 100. Biaya kuliah di kampus ini lumayan mahal, yaitu hingga 27 ribu poundsterling atau setara dengan Rp380 juta (Rp14,101 per poundsterling) per tahun. Pada 1968, Stanford mencetak sejarah karena berhasil melakukan transplantasi jantung pertama atas manusia dewasa di Amerika.


Universitas Johns Hopkins

Sejak berdiri pada 1893, sekolah kedokteran John Hopkins dianggap sebagai acuan bagi sekolah medis lain yang ada di Amerika. Kampus ini sempat ditampilkan dalam serial televisi House yang disiarkan di Amerika di mana salah satu tokoh serial fiksi tersebut, dr Gregory House diusir dari kampus karena berselingkuh.


Universitas Berkeley California

University of California adalah universitas negeri yang mengutip biaya kuliah hingga 8 ribu poundsterling (Rp112,8 juta) per tahun.
Dalam penilaian QS, fakultas kedokteran University of California, Berkeley mencetak skor 63,3.



Institut Teknologi Massachusetts 

Dalam daftar peringkat universitas terbaik dunia versi QS, Massachusetts Institute of Technology (MIT) ada di peringkat ketiga. Tapi dalam daftar kampus dengan fakultas kedokteran terbaik, MIT ada di peringkat ketujuh dengan skor 61. Mahasiswa di kampus ini dikenakan biaya hingga 25 ribu poundsterling (Rp352 juta) per tahun.


Universitas Tokyo

Universitas Tokyo merupakan satu-satunya universitas asal Asia yang ada dalam daftar 10 besar kampus kedokteran terbaik di dunia.
Biaya kuliah di universitas yang terletak di Negeri Sakura ini sebesar 5 ribu poundsterling per tahun atau setara dengan Rp70 juta per tahun.


Universitas Yale

Metode pengajaran di Yale cukup unik. Fakultas kedokteran Yale mendorong kegiatan belajar dalam seminar kecil, konferensi, tutorial kecil, evaluasi diri siswa, pemikiran independen, dan investigasi.
Kampus yang berbasis di Amerika ini mencetak skor 59,4.



UCLA (University of California, Los Angeles)

David Geffen School of Medicine di UCLA, dalam waktu 50 tahun berhasil menjadi salah satu sekolah kedokteran paling prestisius di Amerika. Sama seperti di UC Berkeley, biaya kuliah di kampus ini disubsidi dan dibatasi hingga 8 ribu poundsterling (Rp112 juta) per tahun.

Komentar

  1. saya dulu pengen masuk ke salah satu kedokteran itu gan..tapi sayang saya harus kandas karena ekonomi hehehe.tapi mudah mudahan anak saya bisa kuliah salah satu universitas kedokteran itu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…