Pages

Kamis, 29 November 2012

5 Kasus Anoreksia

Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya.
Nah berikut ini ada beberapa kasus Anoreksia Paling Mencengangkan yang pernah terjadi di dunia ini mau tahu apa aja itu? simak berikut ini. :)


1. Eliana ramos dan Luisel Ramos


Eliana Ramos, died February 13, 2007
Luisel Ramos, died August 2,2006

Kakak beradik ini dikenal sebagai model asal Uruguay. Sang kakak yaitu Luisel Ramos meninggal dunia pada tanggal 2 Agustus 2006 ketika dalam acara fashion show di Montevideo, Uruguay. Saat itu Luisel merasa sakit setelah berjalan di catwalk dan pingsan ketika di ruang ganti. Ia meninggal di usia 22 tahun. Disinyalir Luisel meninggal karena serangan jantung akibat anoreksia yang dideritanya. Dilaporkan 3 bulan sebelum kematiannya, Luisel hanya mengkonsumsi sayuran selada dan diet coke. Ketika dia meninggal hanya memiliki berat badan 44 kg dengan tinggi badan 1.75 meter dan indeks massa tubuh hanya 14,5. Sedangkan indeks massa tubuh 16 saja kita sudah dikatakan sangat kelaparan.
Kematian belum berakhir buat keluarga Ramos. Pada tanggal 13 Februari 2007, Eliana sang adik juga ditemukan tewas di rumah kakek neneknya di Montevideo, Uruguay pada usia 18 tahun. Dikatakan penyebabnya adalah serangan jantung yang berhubungan dengan kekurangan gizi.
Kematian dua kakak beradik ini mengubah industri mode di dunia. WHO kemudian menetapkan peraturan minimal untuk mode harus memiliki indeks massa tubuh 18.Dan perancang busana di Italia dilarang menggunakan baju ukuran nol untuk seorang model catwalk.
2.Hayley Wilde








Delapan tahun ia melawan anoreksia. Dia telah berjuang dari kondisi anoreksia sejak ia berusia 11. Dia dirawat di rumah sakit selama berbulan-bulan dan diberi makan melalui tabung. Rambutnya mulai rontok dan menstruasinya berhenti selama empat tahun. Namun berkat bantuan pakar medis dan dukungan dari orang tuanya Hayley mulai bangkit. Dan di tahun 2007 ia dan pasangannya sangat senang setelah mengetahui Hayley hamil. Demi anak yang dikandungnya, Hayley bertekad memberikan nutrisi terbaik selama kehamilannya. Dan akhirnya anaknya lahir dengan selamat dan sehat. Kini Hayley dan ibunya, Jane Wilde membentuk sebuah kelompok pendukung, Berjuang untuk Kebebasan dari Anorexia Nervosa . 



3.Anna Carolina Reston
Anna Carolina Reston
Seorang model asal Brazil yang juga menderita anoreksia dan bulimia. Kedua penyakit yang sangat berhubungan dengan gangguan makan. Berawal dari sebuah ejekan ketika dia mendapatkan panggilan casting di Guangzhou, China. Anna tampak terpukul ketika seseorang mengatakan dia terlalu gemuk. Semenjak itu dia pun diet ketat hingga terjerumus pada anoreksia.
Anna meninggal dunia pada tanggal 15 November 2006 setelah mulai dirawat di rumah sakit pada tanggal 25 oktober 2006. Tubuhnya mengalami kerusakan ginjal akibat anoreksia dan bulimia.Anna hanya memiliki indeks massa tubuh 13.4 dengan berat badan 40kg dan tinggi badan 173 cm. Ia meninggal di usia yang sangat muda 21 tahun. Sebelum dia meninggal Anna hanya mengkonsumsi tomat dan apel untuk makannya sehari-hari.


4.Jeremy Gillitzer
Jeremy Gillitzer
Pernah berprofesi sebagai model laki-laki. Penampilannya benar-benar menakjubkan, dengan badan kekar dan wajah tampan, sulit diterima jika ia diam-diam mengidap anoreksia. Penyakit anoreksia bukan barang baru buatnya. Pada usia dini, 12 tahun dia memutuskan untuk melaparkan dirinya karena ejekan ayah tirinya dan menemukan kalau dirinya adalah gay. Setelah melalui perawatan di rumah sakit, Jeremy dinyatakan sembuh. Pada usia 21 tahun, Jeremy memiliki tubuh yang sangat bagus, kekar dan berotot. Namun pada tahun 2004, beruntun kabar buruk menimpanya. Hubungan dengan pacarnya berakhir, ibunya yang jatuh sakit, mengalami dua kali kecelakaan mobil membuat dirinya kembali pada kebiasaan lama yang pernah dilupakan. Tidak hanya anoreksia saja yang dideritanya, tapi bulimia pun juga diidapnya. Setiap makanan yang masuk ke tubuhnya, akan dimuntahkan. Namun nasib berkata lain, Jeremy akhirnya menyerah pada penyakitnya pada tahun 2010 diusia 38 tahun dengan berat badan hanya kurang dari 30 kilogram.

5.Si Kembar Maria dan Katy Campbell










Ketika si kembar ini beranjak remaja, ayahnya menyatakan kegembiraannya dengan berkata, ” Wah, gadis-gadis menjadi perempuan muda, bukan? Mereka mendapatkan pinggul.” Tapi siapa sangka akibat ucapan itulah yang mendorong si kembar ini pada kemarahan dan kekhawatiran tubuhnya menggemuk. Semenjak itu mereka memutuskan untuk membatasi asupan makanan mereka. Si kembar ini menjadi gila olahraga, dan setiap hari mereka melewatkan sarapan. Dalam sehari hanya memakan 400 kalori, yang terdiri dari 10 lembar biskuit, jeruk, pisang dan diet cola. Akibatnya berat badan mereka turun drastis. Tapi merekapun mulai diserang penyakit seperti tidak bisa berjalan, punggung sakit, detak jantung yang tidak teratur, osteoporosis, nyeri lambung kronis, pankreatitis, dan gagak ginjal. Kini hidup mereka banyak dihabiskan klinik pemulihan rumah sakit untuk mengobati penyakit anoreksianya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©