Langsung ke konten utama

Menulis Tangan Lebih Pintar




Semakin banyak penggunaan komputer dan laptop membuat kegiatan menulis jadi terlupakan. Kedua barang elektronik itu sudah tidak lagi masuk kategori barang mewah, hampir semua orang memilikinya, bahkan anak-anak yang masih dalam masa Sekolah Dasar.

Dengan dalih bahwa anak-anak harus mengenal tekhnologi sejak dini, maka banyak sekolah yang mewajibkan murid mereka untuk membawa laptop sebagai saran belajar. Mulai dari mengerjakan tugas, praktik dan presentasi. Sedangkan kegiatan menulis... hampir dilupakan. Memang tidak sepenuhnya hilang, tetapi dibandingkan beberapa tahun yang lalu, lebih banyak anak-anak yang senang menyelesaikan tugas mereka melalui bantuan keyboard.

Tidak salah, anak-anak harus mengenal tekhnologi sejak dini, hanya saja, kebiasaan menulis dengan tangan seharusnya tetap dipertahankan. Mengapa begitu, karena menulis dengan tangan dapat membuat anak Anda lebih cerdas, lebih mudah mengembangkan ide-ide dan gagasan, serta merangsang syaraf motorik daripada mereka yang lebih sering memakai keyboard. Inilah faktanya.

Bagaimana Bisa?

Seperti yang kami lansir dari Readers Digest, Virginia Berninger seorang profesor psikologi dari The University of Washington mengatakan bahwa menulis dengan menggunakan tangan berbeda dengan memilih tombol-tombol huruf yang tercetak pada keyboard. Penggunaan keyboard hanya menjalankan fungsi untuk memilih huruf hingga membentuk rangkaian kata. Sedangkan menulis menggunakan tangan akan membuat seorang anak membuat bentuk huruf yang berbeda, ketebalan yang berbeda, karena sensor pada jari akan langsung merangsang otak yang bertanggung jawab untuk berpikir, menyimpan memori dan kemampuan bahasa.

Menurut hasil study Prof. Berninger, anak-anak usia sekolah dasar yang menulis dengan tangan lebih mudah merangkai kata, lebih cepat saat menemukan ide dibandingkan saat mereka harus mengetik dengan keyboard. Selain itu penelitian yang dilakukan Indiana University menemukan bahwa anak-anak yang sering menulis dengan tangan memiliki otak yang lebih aktif dibandingkan anak-anak yang hanya melihat huruf untuk mengetik.

Mengagumkan bukan? Tidak hanya anak-anak yang bisa mengalami efek lebih cerdas dengan menulis, Anda juga bisa mendapat efek yang sama, begitulah kesimpulan sebuah study yang dituangkan dalam Journal of Cognitive Neuroscience. Orang dewasa akan lebih mudah mengingat bahasa baru dengan menuliskannya di atas kertas dibandingkan menuliskan kata itu dengan bantuan keyboard.

Menulis tangan bukan sesuatu yang kuno, ini baik untuk otak Anda. Mulai sekarang, latihlah anak Anda, termasuk diri Anda untuk menulis. Tidak perlu menulis sesuatu yang berat. Menumpahkan cerita, pujian atau kekesalan di diary tidak terlalu sulit bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…