Langsung ke konten utama

Mentega Atau Margarin

Keinginan untuk hidup lebih nyaman dan bahagia telah disadari erat kaitannya dengan kesehatan. Sebelumnya, keinginan tersebut diukur dari teknologi yang diciptakan. Sayangnya dengan teknologi yang semakin maju, nilai sehat suatu makanan sering kali dikorbankan untuk kemudahan mendapatkannya. Parahnya lagi, efek semua ini baru bisa dirasakan beberapa tahun sesudahnya dengan konsumsi yang terus menerus. Oleh karena itu, saat ini sisi kesehatan dari apa yang masuk di tubuh kita menjadi fokus utama dan perhatian seluruh dunia.

Salah satunya adalah mentega yang telah menjadi bahan makanan di seluruh dunia selama berabad-abad. Mentega tidak menjadi masalah sampai dinyatakan tinggi kandungan lemak jenuh (saturated fat). Tingginya lemak jenuh ini bertanggung jawab pada berbagai penyakit degeneratif terutama terkait dengan penyakit jantung koroner. Maka bahan makanan yang dibuat baik secara tradisional maupun industri ini harus menyandang label 'tidak sehat'.

Untuk menjawab kebutuhan ini, lahirlah margarin. Orang susah membedakan mentega dan margarin karena fungsinya yang tidak jauh berbeda. Namun dua produk ini hanya hampir sama 'luar'nya saja. Mentega dibuat dari lemak hewani, tepatnya dari susu sapi atau kambing. Dibuat secara alami, tanpa proses yang rumit sehingga Anda bisa membuatnya sendiri. Sedangkan margarin dibuat dari lemak nabati, yaitu dari berbagai minyak kacang-kacangan, biji-bijian dan juga minyak sayur. Proses membuatnya membutuhkan teknologi tinggi yaitu hidrogenasi, yang membuat minyak-minyak ini bisa memadat dan bertekstur seperti mentega.

Dari segi membuatnya, mentega dianggap lebih sehat dan lebih ramah lingkungan karena dibuat secara alami. Sedangkan margarin dianggap kebalikannya karena membutuhkan proses dalam industri untuk menghasilkannya. Dari kandungannya, margarin tidak sehat karena kandungan lemak trans yang memiliki efek lebih berbahaya dari sekedar lemak jenuh saja. Jika lemak jenuh disebut bisa meningkatkan kadar LDL (kolesterol buruk), lemak trans tidak hanya meningkatkan kadar LDL namun juga mengurangi kadar HDL (kolesterol baik).

Lemak trans ini berasal dari proses hidrogenasi yang dilakukan pada minyak nabati. Sejak isu lemak trans ini marak, banyak orang memilih kembali pada mentega dan mengimbangi pola hidupnya dengan olahraga dan makanan pengimbang lainnya untuk mengurangi efek buruk lemak jenuh. Industri margarin menanggapi keadaan ini dengan meningkatkan teknik pembuatan margarin sehingga bisa mengurangi jumlah lemak trans dalam margarin.

Jika kandungan lemak trans bisa dikesampingkan, maka margarin memiliki nilai unggul karena tinggi asam lemak tak jenuh yang bisa mengurangi kadar LDL dan memberikan daya tahan tubuh yang lebih baik dengan omega 3, omega 6 dan omega 9 yang terkandung dalam margarin. Oleh karena pengurangan lemak trans dalam margarin masih belum diketahui dengan jelas, apalagi untuk produk-produk lokal, maka pilihan mana yang lebih sehat dikembalikan pada gaya hidup Anda. Asupan lemak jenuh yang diimbangi dengan pola hidup sehat, atau asupan rendah lemak jenuh namun berisiko mengonsumsi lemak trans, Anda harus bijak memilihnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…