Langsung ke konten utama

10 Makanan Untuk Rambut



Memiliki rambut indah, tak cukup perawatan dari luar saja, kita juga harus melakukan perawatan ekstra dari dalam. Shampoo, kondisioner, serum, creambath, tetap harus disupport dengan makanan yang kita konsumsi.
Selama ini, yang kita tahu, rambut membutuhkan nutrisi seperti vitamin D, dan vitamin E. Padahal, masih banyak nutrisi lain yang dibutuhkan rambut. Apa sajakah nutrisi tersebut? Yuk intip di sini:

Protein
Dalam setiap proses pertumbuhan, tubuh manusia membutuhkan bantuan protein. Demikian juga dalam pertumbuhan rambut. Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok, dan mudah patah.
Sumber protein:daging merah, ikan, susu, telur, keju, yogurt, biji bunga matahari, dan lain sebagainya.

Vitamin A
Selama ini kita mengenal vitamin A yang hanya berguna untuk penglihatan mata saja, padahal vitamin A ini juga dibutuhkan tubuh untuk membantu perbaikan sel-sel di dalam tubuh, termasuk rambut. Saat rambut rapuh, maka vitamin A yang bertugas membantu pemulihannya.
Sumber vitamin A:Mentega, telur, susu, wortel, tomat, minyak ikan, sayur-sayuran hijau, dan lain sebagainya.

Vitamin B
Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan kulit, rambut dan kuku yang sehat. Apabila jumlah kebutuhan vitamin B tercukupi setiap hari maka rambut akan lebih bersinar, dan menunda pengubanan.
Sumber vitamin B:Susu, telur, gandum utuh, roti, kacang-kacangan, kedelai, ikan dan daging merah.

Vitamin D
Pada masa pertumbuhan, vitamin D dibutuhkan rambut untuk menggantikan rambut lain yang harus regenerasi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kerontokan dan kebotakan pada rambut.
Sumber vitamin D:sinar matahari pagi, minyak ikan, susu, dan telur.

Vitamin C
Vitamin C sendiri bermanfaat untuk membantu penyusunan protein di dalam tubuh. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya di atas, protein ini dapat membantu pertumbuhan rambut.
Sumber vitamin C:buah berry-berryan, cabai, jeruk, pisang, alpukat, jambu merah, delima, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

Vitamin E
Vitamin E selain membantu melembabkan, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Sehingga rambut akan hitam lebih lama, pembentukan uban dapat ditunda, mencegah rambut rontok dan kebotakan.
Sumber vitamin E:Kacang-kacangan, minyak sayur, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

Zat besi
Zat besi dapat membantu memperkuat dan membantu pertumbuhan rambut dari dalam.
Sumber zat besi:kacang-kacangan, beras merah, sawi, bayam, daun singkong, alpukat, dan lain sebagainya.

Kalsium
Kalsium juga salah satu nutrisi yang membantu pertumbuhan rambut. Agar rambut tetap subur dan pertumbuhannya cepat, konsumsi kalsium sangatlah penting.
Sumber kalsium:keju, kacang-kacangan, telur, susu, yogurt, sarden, dan lain sebagainya.

Yodium
Kekurangan yodium dapat menyebabkan kerontokan rambut. Inilah mengapa terkadang sudah mencoba berbagai shampoo pun ternyata juga tidak membantu. Bisa jadi, tubuh Anda sedang kekurangan yodium.
Sumber yodium:makanan sari laut, buah-buahan kering, dan garam.

Sulfur/belerang
Jangan dibayangkan berarti kita harus makan belerang ya. Karena sebenarnya belerang/sulfur ini bisa didapatkan pada telur, keju, daging merah, serta produk susu lainnya.
Sayang kan kalau kamu sudah menjaga keindahan rambut lalu rambut indahmu hanya dibiarkan tergerai saja. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…