Langsung ke konten utama

Tips Makan Enak Selama Liburan


Liburan adalah hal yang menyenangkan dan seharusnya bisa dinikmati semua orang. Banyak tempat liburan di dalam negeri dan tempat liburan di luar negeri yang bisa Anda kunjungi, misalnya saat liburan Hari Raya, liburan akhir tahun atau liburan sekolah seperti saat ini. Selalu ada hal yang menyenangkan saat liburan, tetapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa hal merepotkan, terutama masalah makanan
.
Sebagai kebutuhan dasar, makanan adalah hal yang harus Anda pikirkan sebelum pergi liburan. Misalnya:

  • Apakah di tempat liburan mudah mendapatkan makanan Halal? (Jika Anda beragama Islam)
  • Saya alergi seafood, tapi ingin liburan di pantai yang agak sulit menemukan makanan lain selain seafood. Berlaku juga untuk alergi makanan lain.
  • Saya tidak suka makanan manis, tetapi di kota yang akan saya kunjungi identik dengan makanan manis.

Masalah-masalah seperti itu harus Anda pikirkan, karena bagaimanapun juga, makanan adalah hal yang sangat penting. Tidak cocoknya makanan di tempat liburan dan selera makan Anda bisa berdampak pada liburan yang tidak nyaman.

Tips Mengatasi Alergi dan Pantangan Makanan Tertentu Saat Liburan

Membawa setumpuk mie instant sebenarnya bukan pilihan yang sehat. Anda tentu tidak mau selama seminggu makan mie instant setiap hari, apalagi jika Anda berlibur bersama anak-anak tercinta. Anda tetap harus mendapat makanan sehat dan sesuai dengan pola makan. Simak tipsnya:
  1. Cari tahu lokasi-lokasi rumah makan di tempat liburan. Mana rumah makan yang sesuai dengan selera makan dan pola makan Anda. Bisa Anda dapatkan dengan cara Googling atau tanyakan pada biro perjalanan.
  2. Bawa bekal berupa makanan kering, misalnya abon, kering tempe, kering kentang dan lain sebagainya.
  3. Boleh membawa beberapa bungkus mie instant, pastikan mie yang Anda bawa tidak mengandung msg dan terbuat dari bahan-bahan yang sehat. Mie instant jenis ini bisa Anda dapatkan di swalayan. Tapi ingat, konsumsi hanya di saat darurat. Mie instant dapat diganti dengan roti.
  4. Tetap konsumsi buah-buahan sehat, Anda bisa mendapatkannya di swalayan yang ada di tempat liburan atau pasar tradisional. Tidak sulit mendapatkannya.
  5. Siapa yang tidak tergoda dengan semangkuk gulai kepala kambing khas daerah liburan? Tapi ingat, Anda boleh saja mencicipi hidangan dengan kadar lemak dan kolesterol, tapi batasi! Manjakan lidah Anda dengan setengah porsi saja, dan sisakan untuk konsumsi buah dan sayur.
Dengan tips tersebut Anda bisa menikmati liburan seru tanpa bad mood karena tidak bisa makan apapun atau makanan di tempat liburan tak sesuai selera. Dan yang pasti, Anda tetap sehat setelah selesai berlibur.
Pernah punya pengalaman atau tips seputar makanan di tempat liburan? Silakan bagi di kolom komentar :)

Komentar

  1. terimakasih tipsnya gan,,sangat membantu sekali bagi orang yang punya alergi makanan dan pantangan makanan..

    BalasHapus
  2. terimakasih tipsnya gan,,sangat membantu sekali bagi orang yang punya alergi makanan dan pantangan makanan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…