Langsung ke konten utama

Ngemil di Sore Hari Malah Bikin Langsing


Menyantap camilan umumnya dilakukan di antara jadwal makan utama, sebagai pemuas lidah sekaligus penunda rasa lapar. Saat jeda di antara waktu sarapan dan makan siang, serta saat makan siang dengan makan malam, dan juga setelah makan malam adalah waktu yang biasanya dipilih untuk menyantap camilan.
Sejumlah peneliti ingin mengetahui, apakah perbedaan saat ngemil akan memberikan efek yang berbeda pula untuk keefektifan program penurunan berat badan. Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal AMERICAN DIETETIC ASSOCIATIONini menemukan penurunan berat badan rata-rata 7% dari total berat badan pada mereka yang suka ngemil, sementara pelaku diet yang menyantap sarapan sehat namun tidak ngemil sebelum makan siang, bisa mendapatkan penurunan berat badan hingga lebih dari 11%.
Dikutip dari Dailymail, Anne McTiernan, penulis laporan studi Fred Hutchinson Cancer Research Center's Public Health Sciences Division di Seattle, menjelaskan bahwa penemuan ini tidak terkait dengan waktu makan snack itu sendiri, namun pada jeda waktu antara sarapan dan makan siang dan makan malam.
Jarak makan dari sarapan ke makan siang relatif lebih singkat daripada interval makan siang ke makan malam, sehingga ngemil pada pukul 10 pagi atau 11 siang lebih cenderung untuk memanjakan lidah. Aktivitas yang lebih banyak pasif di pagi hingga siang hari membuat kalori menumpuk dan menjadi lemak.
Studi ini juga menemukan bahwa wanita yang suka ngemil di sore hari lebih cenderung memilih buah dan sayur ketimbang mereka yang memilih tidak ngemil di sore hari. Kecenderungan ini diperkirakan karena di sore hari seseorang cenderung memiliki waktu lebih untuk menyiapkan buah dan sayur. Di sore hari seseorang juga lebih bisa berpikir dan khawatir terhadap santapannya sehingga memilih snack yang lebih sehat yaitu buah dan sayur.
Studi ini menyimpulkan bahwa aktivitas menikmati snack sebenarnya bisa membantu penurunan berat badan jika dilakukan tidak terlalu dekat dengan waktu makan utama, dan snack yang disantap adalah makanan sehat tinggi serat dan rendah kalori.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…