Pages

Sabtu, 16 Juni 2012

Ngemil di Sore Hari Malah Bikin Langsing


Menyantap camilan umumnya dilakukan di antara jadwal makan utama, sebagai pemuas lidah sekaligus penunda rasa lapar. Saat jeda di antara waktu sarapan dan makan siang, serta saat makan siang dengan makan malam, dan juga setelah makan malam adalah waktu yang biasanya dipilih untuk menyantap camilan.
Sejumlah peneliti ingin mengetahui, apakah perbedaan saat ngemil akan memberikan efek yang berbeda pula untuk keefektifan program penurunan berat badan. Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal AMERICAN DIETETIC ASSOCIATIONini menemukan penurunan berat badan rata-rata 7% dari total berat badan pada mereka yang suka ngemil, sementara pelaku diet yang menyantap sarapan sehat namun tidak ngemil sebelum makan siang, bisa mendapatkan penurunan berat badan hingga lebih dari 11%.
Dikutip dari Dailymail, Anne McTiernan, penulis laporan studi Fred Hutchinson Cancer Research Center's Public Health Sciences Division di Seattle, menjelaskan bahwa penemuan ini tidak terkait dengan waktu makan snack itu sendiri, namun pada jeda waktu antara sarapan dan makan siang dan makan malam.
Jarak makan dari sarapan ke makan siang relatif lebih singkat daripada interval makan siang ke makan malam, sehingga ngemil pada pukul 10 pagi atau 11 siang lebih cenderung untuk memanjakan lidah. Aktivitas yang lebih banyak pasif di pagi hingga siang hari membuat kalori menumpuk dan menjadi lemak.
Studi ini juga menemukan bahwa wanita yang suka ngemil di sore hari lebih cenderung memilih buah dan sayur ketimbang mereka yang memilih tidak ngemil di sore hari. Kecenderungan ini diperkirakan karena di sore hari seseorang cenderung memiliki waktu lebih untuk menyiapkan buah dan sayur. Di sore hari seseorang juga lebih bisa berpikir dan khawatir terhadap santapannya sehingga memilih snack yang lebih sehat yaitu buah dan sayur.
Studi ini menyimpulkan bahwa aktivitas menikmati snack sebenarnya bisa membantu penurunan berat badan jika dilakukan tidak terlalu dekat dengan waktu makan utama, dan snack yang disantap adalah makanan sehat tinggi serat dan rendah kalori.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©