Langsung ke konten utama

Manfaat Lobak

Tidak banyak yang mengenal lobak. Bentuknya mirip wortel, dengan bentuk panjang, sedikit daun di bagian atas dan juga warna putih kehijauan yang segar. Selama ini lobak lebih banyak digunakan sebagai garnish atau bahan acar untuk kalangan tertentu, membuatnya semakin tidak dikenal oleh lidah banyak orang. Padahal saat Imlek, lobak dianggap sebagai makanan pembawa keberuntungan.

Rasa lobak memang unik, ada sedikit rasa getir dan pahit di balik daging umbinya yang crunchy dan agak manis. Ini yang sering tidak sesuai dengan lidah orang Indonesia yang biasa dengan makanan berasa 'wajar', sementara di negara Asia lainnya, lobak telah umum digunakan dalam masakan. Rasa yang tidak biasa ternyata juga membawa khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, menempatkan lobak sebagai makanan yang wajib disantap di banyak negara. Kini, Anda juga perlu tahu apa manfaatnya agar ikut tergugah menyantap lobak.

1. Lobak berfungsi detoks, karena tinggi kandungan sulfur yang membunuh kuman dan membersihkan tubuh dari racun.

2. Lobak efektif mempercepat proses mencerna makanan yang disantap sebelumnya, kerja lambung menjadi tidak berat dan sistem pencernaan semakin efisien.

3. Lobak meningkatkan sirkulasi darah, karena kandungan zat besinya membantu peningkatan haemoglobin di dalam darah. Kandungan sulfur yang tinggi juga membersihkan tubuh dari residu karbon dioksida yang tidak menyehatkan.

4. Biarpun warnanya putih, lobak mengandung vitamin A, B dan C yang menjaga penglihatan Anda tetap sehat dan memperkuat daya tahan tubuh terhadap kondisi buruk.

5. Lobak juga membantu peluruhan batu ginjal dan batu empedu karena lobak melancarkan sistem pembuangan tubuh.

6. Sst.. lobak juga memiliki khasiat sebagai aphrodisiak, yaitu meningkatkan kemampuan seksual dan menahan ejakulasi lebih lama untuk para pria.

7. Sebagai masker kulit, lobak juga efektif menjadikan kulit halus dan bersinar. Caranya mudah saja, bubuhkan jus lobak pada kulit wajah, kemudian pijat perlahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…