Pages

Selasa, 19 Juni 2012

Manfaat Kurma Untuk Kita


Pada kurma yang masih lembek (matang di pohon dan belum dijemur) kandungan gulanya sekitar 60 persen. Sedangkan kurma yang telah dikeringkan kandungannya cukup tinggi, sekitar 70 persen. Kandungan gula dalam kurma memiliki daya serap yang buruk, sekitar 45-50 menit sehingga waktu untuk pengolahan menjadi nutrisi yang disalurkan ke dalam darah menjadi lumayan lama.


Buah padang pasir ini juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin B berada dalam buah kurma. Riboflavin dan niasin misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.
Mineral juga sangat banyak ditemukan dalam kurma. Magnesium dan kalium setidaknya berada dalam jumlah yang cukup bisa diandalkan untuk membantu kinerja tubuh menjadi lebih baik. “Banyak juga terkandung serat-serat seperti layaknya buah yang lainnya,” tutur Prof Ali. Menurut beliau, serat tersebut dapat membuat pencernaan menjadi baik. Kandungan kurma membuat usus menjadi lunak dan mengaktifkannya sehingga secara alamiah seseorang secara mudah dapat buang air besar.
Tips memilih buah kurma :

1)   Pastikan bahwa buah kurma tidak terkoyak atau rusak kulit arinya.

2)   Pilihlah kurma yang kering atau basah, namun tidak berlendir.

3)   Hindari untuk membeli kurma yang diletakkan dalam wadah berbentuk karung atau kardus terbuka. Pilihlah kurma yang dikemas dengan baik, untuk menjaga higienitas kurma.


Berbagai khasiat dan kegunaan buah kurma :

1)   Kandungan Kalium yang tinggi, dapat mencegah stroke dan dibutuhkan untuk mengatur denyut nadi jantung, mengatur konstraksi otot dan mengatur tekanan darah.

2)   Meningkatkan HB dan trombosit dalam darah. Sari kurma sering dijadikan alternatif yang membantu penyembuhan untuk penderita demam berdarah dan typhus.

3)   Memberikan tenaga dan memperkuat urat-urat rahim pada Ibu yang sedang hamil, sehingga akan membantu pada proses persalinan. Hormon oxytocine pada kurma basah juga mencegah terjadinya pendarahan pada wanita saat melahirkan dan mempercepat pengembalian posisi rahim seperti semula.

4)   Karena memiliki kadar glukosa dan fruktosa yang tinggi, maka dapat membantu mengatasi kesulitan tidur pada penderita insomnia.

5)   Kandungan vitamin E yang tinggi pada buah kurma, bermanfaat untuk peremajaan kulit. Buah kurma juga banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

6)   Buah kurma mengandung vitamin A yang baik yang baik untuk kesehatan mata.

7)   Mengandung asam folat yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Manfaat dan Khasiat buah Kurma :

adanya potasium yang tinggi yang terkandung dalam kurma. Sekedar pengingat saja kalau potasium mempunyai manfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi bagi mereka yang bertekanan darah tinggi, membersihkan karbon dioksida dalama darah serta memicu kerja otot dan simpul saraf.
Zat tannin yang tinggi pada kurma dapat digunakan sebagai anti diare. Kurma juga dapat digunakan sebagai obat flu, radang tenggorokan, mengatasi mabuk serta meningkatkan trombosit dalam darah bagi mereka yang terkena demam berdarah. Caranya yaitu dengan memblender 500 gram kurma yang telah dibuang kulitnya, kemudian campur dengan lima gelas air putih sampai halus. Hasil dari blenderan tersebut diminum sebanyak satu gelas tiap satu jam selama sehari.
Mereka yang terkena sakit kepala juga dapat terobati dengan mengkonsumsi buah kurma. Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata dalam kurma terdapat zat salisilat (suatu zat yang lazim dipakai sebagai bahan baku obat sakit kepala, penghilang rasa sakit hingga demam). Tetapi kurma sebaiknya tidak dimakan oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Bukannya membaik, kurma akan membuat kadar gula penderita diabetes yang sudah cukup tinggi menjadi lebih tinggi.
Buah kurma juga mempunyai beberapa khasiat lain, yaitu:

1.   Karen berserat tinggi, buah kurma dapat memperlancar buang air besar.
2.   Kurma kering dapat menguatkan sel-sel usus karena mengandung serabut yang dapat mengontrol laju gerak usus.
3.   Karena mengandung zat besi dan kalsium yang cukup tinggi, buah kurma dipercaya dapat meningkatkan produksi air susu ibu bagi ibu menyusui.
4.   Buah kurma juga dapat mengendalikan hipertensi dengan mengatur kadar prostaglandin yang berperan dalam proses tekanan darah. Namun penderita diabetes mellitus tidak disarankan terlalu banyak mengonsumsi kurma.
5.   Dapat mengurangi ketegangan mental, histeria, dan insomnia. :)





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©