Langsung ke konten utama

Efek Terlalu Banyak Makan Pedas

 Rasanya menu makanan itu tidak akan lengkap jika tidak ada sambal. Seperti... ada yang kurang begitu. Apakah Anda juga merasakan hal yang sama? 

Benar, sambal dan menu makanan pedas rasanya sulit untuk dihindari. Karena hanya dengan menu-menu itulah selera makan itu muncul. Tetapi, bagaimana pendapat para ahli tentang makanan pedas ini? 

Dr. SK Thakur, seorang gastroenterologist dari Moolchand Medcity, India, mengatakan "Bumbu pedas memang dapat menimbulkan selera makan tertentu. Namun, perlu disadari, saat makanan pedas tersebut mencapai pencernaan, maka bisa menyebabkan iritasi pada pencernaan. Mengapa? ini disebabkan oleh peningkatan asam lambung , apalagi bila menu makanannya terlalu pedas," seperti dilansir oleh IndiaTimes. 

Bahkan, menurut Dr. Thakur, ada beberapa penyakit lain yang akan muncul, bila kita terus menerus mengonsumsi makanan pedas, seperti:

1. Meningkatnya asam lambung

Sebenarnya makanan pedas pada dasarnya adalah kombinasi dari asam, sehingga saat dikonsumsi dan diproses dalam pencernaan, jumlah asam akan bertambah (asam bertemu dengan asam). Inilah mengapa asam lambung dapat meningkat saat Anda mengonsumsi makanan pedas 

2. Gangguan lambung akut 

Bila asam lambung terus-terusan meningkat, gangguan lambung bisa menjadi semakin parah akibat peradangan yang terjadi. Pada umumnya, pada gangguan lambung akut akan muncul beberapa gejala seperti mual, muntah, demam, diare, sakit kepala, dan apabila terlalu parah si penderita akan mengalami muntah darah. 

3. Radang Lambung 

Dan radang juga akan terjadi apabila makanan pedas terlalu sering dikonsumsi. Pada fase ini, dinding lambung sudah sangat terluka. Di beberapa kasus lambung mengeluarkan nanah dan terasa sakit yang luar biasa. Gejala radang ini berupa rasa terbakar di lambung, mual, muntah dan penurunan berat badan yang drastis. 

4. Insomnia 

Dan jangan heran apabila Anda sulit tidur di malam hari setelah makan pedas. Makanan pedas meningkatkan temperatur tubuh, sehingga Anda merasa tidak nyaman dan kepanasan saat akan tidur. Akibatnya tubuh enggan diajak tidur dan merasa resah. 

5. Kehilangan selera makan 

Saat semua menu makanan yang dikonsumsi adalah makanan pedas, maka selera makan muncul tidak teratur. Akibatnya tubuh jadi tergantung pada makanan yang pedas-pedas saja. 

Apakah makanan pedas sama sekali tidak boleh dikonsumsi?

Tidak juga. Dokter memberikan saran agar mengonsumsi makanan pedas itu 3 - 4 kali dalam satu minggu. Dianjurkan pula agar kita mengonsumsi makanan pedas di menu utama pada siang hari, di saat tubuh masih membutuhkan energi untuk bergerak dan jedanya jauh dari jam tidur kita. Selain itu, setelah makan makanan pedas, dianjurkan untuk minum susu atau air kelapa muda untuk menetralisir kadar asam di dalam lambung. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…