Langsung ke konten utama

Dampak Penggunaan Smartphone

Sering berkutat dengan BlackBerry atau smartphone lain? Sebaiknya Anda mulai berhati-hati! Beberapa tahun yang lalu, sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam American Public Health Association menunjukkan bahwa nyeri leher dan bahu yang sering dilaporkan mahasiswa terkait dengan penggunaan telepon seluler mereka. Saat ini, tak hanya rasa nyeri, tetapi juga merusak postur tubuh seseorang.

Berdasarkan laporan di CBS This Morning, Dr Alton Barron, seorang ahli ortopedi dari St Luke's-Roosevelt Hospital mengatakan bahwa tekhnologi yang sering kita pakai setiap hari, tanpa kita sadari telah merusak leher dan punggung. Tak hanya menyebabkan nyeri dan sakit pada bagian tersebut, tetapi juga merusak postur tubuh seseorang.

"Kita akan menarik otot bagian leher, bahu dan punggung bagian atas saat kita melakukan posisi ini (sedikit menundukkan kepala saat memencet keypad pada smartphone)." ujar Dr Alton Barron. "Dan tanpa kita sadari, kita sering berada dalam posisi ini dalam waktu yang lama setiap hari."

Berat kepala manusia dewasa rata-rata 4,5 - 5,5 kg. Leher dan bahu seseorang tidak dirancang untuk menopang berat kepala yang menunduk dalam waktu yang lama. Untuk setiap 2,5 cm condongan kepala ke arah bawah saat Anda menundukkan kepala, ketegangan pada leher meningkat sepuluh kali lipat. Sedangkan saat menundukkan kepala 7,32 cm, ketegangan meningkat tiga puluh kali lipat. Itu sama dengan menambah beban 13,6 kg pada leher dan bagi Anda.

Maka jangan heran jika otot tiba-tiba terasa nyeri padahal tidak melakukan 'pekerjaan berat'. Para ahli menyarankan agar Anda berhenti sejenak berkutat dengan smartphone jika sudah merasa lelah pada bagian leher dan bahu. Mereka juga menyarankan agar Anda memegang telepon lebih tinggi atau sejajar dengan mata agar leher tidak terlalu lelah menopang kepala yang menunduk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…