Langsung ke konten utama

Bahaya Mengonsumsi Sushi

 Sushi telah menjadi makanan yang populer di dunia, yang terdiri dari kombinasi nasi yang lengket , nori, dan ikan yang bercita rasa dan lezat. Banyak orang percaya bahwa sushi adalah makanan yang sehat.

Tampaknya, opini itu kini tak selamanya benar.  lima bukti bahwa Sushi tak selalu menyehatkan: 

1. Kolesterol

Telur ikan yang berwarna orange itu yang selalu digunakan sebagai topping sushi kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan itu juga bisa melindungi anda dari penyakit jantung.

Meski begitu, anda perlu tahu bahwa telur ikan juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Alangkah lebih baik jika anda tak mengonsumsinya dalam jumlah yang besar atau kadar kolesterol dalam darah bisa meningkat.

2. Garam

Kadar garam dalam sushi itu rendah. tetapi kandungan garam dalam kecap yang biasa digunakan sebagai pelengkap makan sushi itu sangat tinggi.

Satu sachet kecap mengandung 1 gram garam, dan jumlah maksimum asupan garam per hari adalah enam gram. Kecap terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Kecap harus anda hindari bagi mereka yang memiliki masalah darah tinggi.

3. Cacing gelang

Dua penelitian yang diadakan oleh the American College of Gastroenterology melaporkan sebuah peningkatan dalam kasus infeksi anisakiasis (cacing gelang) yang terjadi saat memakan makanan laut mentah dalam sajian sushi. Ketika tertelan oleh manusia, larva cacing gelang masuk ke dalam jalur jaringan perut dan usus.

Hal ini menyebabkan sakit perut yang tiba tiba, kembung dan diare. Cacing gelang juga dapat menular melalui kucing dan anjing. Menurut National Health Service ikan mentah Inggris harus dibekukan dalam suhu minus 20 derajat celcius, setidaknya selama 24 jam. Metode ini dapat membunuh larva cacing gelang.

4. Merkuri

Sebuah penelitian dari British Journal Biology Letters tahun lalu mengungkapkan bahwa ikan tuna dalam sushi di berbagai restoran dan supermarket di AS mengandung kadar merkuri yang melebihi yang seharusnya ditetapkan oleh lembaga pemantau kesehatan pangan

Kandungan yang berlebihan dari merkuri terkait dengan risiko gangguan syaraf, termasuk kerusakan otak, tuli dan kebutaan. Wanita hamil disarankan untuk membatasi atau mencegah konsumsi dari beberapa ikan, termasuk ikan tuna mentah selama masa kehamilan.

5. Bakteri

Salah satu bakteri yang paling sering ditemukan dalam sushi adalah Staphylococcus aureus. Pemicu itu lebih sering karena bakteri itu juga ditemukan dalam nasi lengket yang biasa digunakan sebagai komposisi utama dari sushi ketimbang ikan mentah.

Jika nasi tidak didinginkan segera setelah dibuat, maka bakteri akan muncul di permukaan. meninggalkannya dalam suhu ruangan, yang akan meningkatkan risiko racun lebih banyak. pastikanlah anda makan sushi segera mungkin setelah ia dibuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…