Langsung ke konten utama

8 Ritual Pernikahan Dunia Yang Unik dan Aneh


Pernikahan memang menjadi sesuatu yang sakral, terutama apabila ditambah dengan ritual-ritual yang dilakukan sesuai adat. Namun tak hanya sakral, ritual-ritual yang dilakukan saat ada pernikahan juga menjadi suatu informasi yang menarik. Tak jarang ritual tersebut mengundang turis asing untuk datang ke sebuah negara demi melihat sendiri ritual unik tersebut. 

Dan inilah 8 ritual unik pernikahan yang unik sekaligus aneh seperti dikutip dari SheKnows. 

Kalimantan Utara

Apabila bulan madu adalah rangkaian malam yang indah dan romantis, bayangan Anda akan segera buyar dan digantikan dengan mata terbelalak keheranan. Di Kalimantan Utara, tepatnya suku Tidong, ada ritual unik sekaligus aneh yang harus dilakoni oleh para pengantin. 

Selama tiga hari tiga malam setelah hari pernikahan mereka, pasangan pengantin dilarang menggunakan kamar mandi. Ritual ini menjadi sebuah peraturan yang WAJIB diikuti pasangan pengantin. Bahkan, untuk menghindari kecurangan, para anggota keluarga bergantian menjaga kamar mandi dan mengusir pengantin yang ingin berbuat 'nakal' menggunakan kamar mandi. 

Dipercaya oleh suku tersebut, ritual tersebut akan membawa usia panjang dan kehidupan yang bahagia bagi anak dan keturunan pasangan pengantin. 

Bisa dibayangkan bagaimana mereka harus menahan aktivitas di kamar mandi selama tiga hari tiga malam, kan? Ewww...

Ukraina

Konon, salah satu pasangan bisa saja tertarik pada mak comblang saat hubungannya berada dalam masalah. Nah, untuk menghindari hal ini, masyarakat di Ukraina punya sebuah ritual unik yang dipercaya akan menjauhkan para pasangan pengantin dari hal tersebut. 

Caranya adalah dengan membakar patung mak comblang dalam upacara pernikahan, yang artinya membakar juga semua hubungan asmara atau ketertarikan yang mungkin saja terjadi dengan pasangan pengantin. Haha... ngeri juga ritual ini ya.

Skotlandia

Dan jangan membayangkan sebuah pesta bujangan yang manis dikelilingi senyuman dari calon pengantin apabila Anda menikah di Skotlandia. Karena pada malam pesta bujangan, calon pengantin wanita akan diikat dan disiram dengan susu basi, ikan yang sudah busuk, makanan yang basi, sisa oli, bulu binatang, dan apapun yang busuk dan berasal dari tempat sampah. Yuck! Ternyata ritualnya jauh lebih kejam ketimbang ceplokan telur dan baluran tepung. 

Tak hanya berhenti di situ, ritual kemudian dilanjutkan dengan membuat calon pengantin mabuk alkohol. Kabarnya, tradisi ini dilakukan sebagai persiapan bahwa kelak setelah menikah, kehidupan akan jauh lebih pedih dan memuakkan. Sehingga pengantin harus menyiapkan diri untuk menghadapi setiap kejadian itu. 

Tahiti

Di Tahiti, tampaknya pengantin wanita memang dilarang mengenakan high heels. Pasalnya, setelah upacara pernikahan, mereka akan berjalan di atas tubuh para sahabat dan sanak keluarganya menuju kamar pengantin. Di sana, tradisi ini disebut dengan 'karpet manusia'. 

Afrika Selatan

Keluarga dalam bayangan kita pada umumnya saling bercengkerama dan berbincang hal-hal menyenangkan. Namun ritual ini dilakukan berbeda di Afrika Selatan, saat pernikahan digelar. Tak ada keramahan dan perbincangan manis di sana. Justru yang dilakukan masing-masing pihak keluarga adalah saling ejek dan saling hina. Anda mungkin mengira mereka sedang bertengkar, tetapi mereka tak sedang bertengkar, mereka hanya melangsungkan ritual pernikahan. Dan, yaa.... pernikahan tetap berjalan. 

China

Apakah Anda adalah sosok yang mudah tersentuh dan terharu serta menangis di hari pernikahan? Beruntunglah Anda, karena menurut ritual di China, pengantin wanita diwajibkan menangis selama sebulan sejak hari H pernikahannya. Hal ini kemudian dilanjutkan dengan festival menangis yang dihadiri oleh nenek, ibu, bibi, adik, kakak, dan seluruh wanita yang ada di keluarganya. Dan di hari H pernikahannya, sang pengantin wanita akan menyanyikan lagi sedih yang mengharu biru. 

India

Percaya akan takhayul? Hmmm... percaya atau tidak, masyarakat di India masih sangat memegang hal-hal yang berhubungan dengan 'alam lain' dan benar-benar melakukan ritual yang dipercaya dapat membawa keselamatan bagi mereka. Dan, di sana, wanita India yang terlahir dengan gingsul harus menikahi hewan (biasanya anjing atau kambing) untuk menangkal nasib buruk yang dapat terjadi padanya. 

Mauritania

Tak ada gym dan personal trainer di Mauritania. Seluruh pengantin wanita diwajibkan memiliki tubuh yang gemuk. Maksudnya, benar-benar gemuk! Semakin gemuk seorang wanita, semakin dianggap cantik oleh para pria Mauritania. 

Ya, tepat seperti bayangan Anda, perut yang besar, lengan yang menggelambir, bekas stretch marks, adalah ciri-ciri wanita cantik versi Mauritania. Big is really beautiful! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…