Langsung ke konten utama

6 Produk Yang Berbahaya

Masih ingat bahaya sterofoam yang dikatakan dapat memicu kanker? Nah, ternyata masih ada beberapa produk yang juga dapat mengancam kesehatan Anda dan keluarga. Simak beberapa produk berikut, seperti dikutip dari Reader Digest. 

Wajan anti lengket

Tak semua wajan memang mengandung PFC (Perfluorinated chemicals), namun sebagian besar wajan anti lengket menggunakan bahan tersebut dalam produknya, yang ternyata berbahaya bagi kesehatan. Diduga, zat tersebutlah yang memicu pertumbuhan sel kanker. 

Untuk itu sangat disarankan memakai alat masak dari kayu saat memasak dengan wajan anti lengket. Dan apabila wajan telah tergores, serta elemen wajan robek, jangan gunakan wajan tersebut lagi untuk memasak. 

Kotak makan 'take home'

Pada umumnya, kotak makan take home/delivery food terbuat dari styrofoam (polystyrene), pada suhu yang cukup panas, bahan ini mudah sekali meleleh dan akan segera membeku kembali saat terkena suhu dingin. Bayangkan saja bila styrofoam tersebut ikut terkonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, bahan tersebut tak dapat dicerna dan diuraikan oleh pencernaan. 

Sekalipun ada simbol recycle, namun tetap hindari pemakaian styrofoam ini dalam kegiatan sehari-hari Anda. 

Tempat air minum yang berbahan alumunium

Dan jangan keburu merasa aman bila Anda menggunakan produk yang terbuat dari alumunium. Dikabarkan pula bahwa alumunium adalah salah satu penyebab penyakit alzheimer. Hingga saat ini sebenarnya penelitian tentang hal tersebut belum jelas, dan belum ada laporan lanjutan. Namun, dari penelitian terdahulu menyarankan agar tetap hati-hati dalam memakai produk yang berbahan alumunium. 

Botol minum reusable

Pada umumnya plastik berlabel #7 digunakan pada botol minuman reusable, botol galon, dan botol susu bayi. Botol tersebut dinyatakan aman dan bisa digunakan lebih dari 1 kali. Namun, bukan berarti mereka benar-benar bebas dari bisphenol A (bpa). Sangat dianjurkan untuk memilih botol berlabel #1, #2, #4, atau #5 ketimbang yang berlabel #3, #6 dan #7. 

Bahan plastik berlabel #3

Biasanya bahan plastik ini bisa ditemukan pada mainan, furniture, dan lain sebagainya. Di sini, plastik dapat mengandung PVC atau Polyvinyl chloride yang dapat merusak liver, ginjal dan sistem reproduksi terutama bila tertelan. 

Botol isi ulang

Botol isi ulang biasanya berlabel #1 dan terbuat dari bahan plastik berkualitas yang aman bila dipakai berulang-ulang. Jadi apa yang membahayakan?

Karena dipakai berulang-ulang, kita seringkali mengabaikan kebersihannya, padahal bakteri bisa saja berdiam di sana dan membahayakan tubuh saat ikut terminum. Untuk itu baiknya botol isi ulang juga dicuci dan dibersihkan secara teratur. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…