Pages

Sabtu, 31 Desember 2011

Tradisi Unik Natal

Perayaan natal
Perayaan natal
Tiap negara punya tradisi unik lho buat ngerayain natal, sahabat muda penasaran?
1. Di negara yang berbahasa Inggris, setelah Natal ada perayaan Boxing Day tangal 26 Desember. Boxing Day itu tradisi di Inggris zaman pertengahan sekitar tahun 1200-an. Ketika natal, gereja akan menaruh ‘kotak sumbangan’ di depan gereja. Besoknya tanggal 26 Desember, uang yang terkumpul dibagikan kepada orang miskin di sekitar gereja. Tradisi ini terus ada sampai sekarang, hanya sekarang yang dibagikan bukan uang lagi tapi hadiah-hadiah kecil.
2. Gereja Apostolik Armenia merayakan natal tanggal 6 Januari dan gereja Orthodox Timur merayakan Natal tanggal 7 Januari. Mereka masih menggunakan sistem kalender zaman kuno. Diperhitungan mereka tanggal 25 Desember versi kalender Gregorian (yang kita gunakan sekarang) sama dengan tanggal 6 Januari dan 7 Januari versi kalender Julian (kalender yang dibuat Julius Caesar).
3. Kata natal yang kita pergunakan di bahasa Indonesia asalnya dari bahasa Portugis. Mungkin kelamaan dijajah Portugis, jadi ada sebahagian bahasa Portugis yang diserap jadi bahasa Indonesia. Natal itu kalau dalam bahasa Portugis artinya kelahiran.
4. Perang Dunia I sempat berhenti beberapa hari gara-gara natal. Ini kisah nyata. Kejadiannya di tahun 1914 di Perancis. Waktu itu tentara Jerman dan Inggris berperang, tapi mereka sepakat mengadakan gencatan tidak resmi selama beberapa hari mulai hari natal dan sesudahnya.
5. Di Argentina, Chile dan Uruguay, natal biasanya diarayakan di pantai. Karena negara tersebut termasuk negara-negara yang punya pantai indah, dan natal di sana jatuh pada musim panas.
6. Di Inggris (atau negara yang banyak orang Inggrisnya) ada tradisi mematahkan crackers (semacam kue panjang yang di dalamnya ada karton yang ada tulisannya). Tradisi ini ada sekitar tahun 1847, asalnya crackers ini cuma ide iseng dari Tom Smith untuk promosi permen buatannya, tapi lama kelamaan orang jadi ketagihan sama bunyi crack waktu crackers dipatahin dan jadilah itu salah satu tradisi natal sampai sekarang.
7. Di sebagian Gereja ada sebutan ’12 hari natal’ untuk menyebutkan 12 hari dari tanggal 25 Desember sampai tanggal 6 Januari (perayaan tiga orang majus). Tradisi ini asalnya dari Italia waktu masih zamannya agama pagan (penyembah alam). Waktu itu festival musim dingin memang berkaitan dengan masa advent, tetapi pada abad 12 berubah jadi ’12 hari natal’ gara-gara disesuaikan dengan perhitungan kalender Anglo Saxon (nenek moyangnya orang Inggris).
8. Kartu natal pertama asalnya dari Inggris. Orang yang pertama kali buat kartu natal adalah Sir Henry Cole. Waktu itu dia terlalu sibuk sampai gak ada waktu untuk mengucapkan selamat natal kepada teman-temannya secara langsung, makanya dia menyuruh orang buat kartu natal untuk diberikan kepada teman-temannya yang di dalamnya berisikan tulisan Merry Christmas and Happy New Year.
9. Di Yunani, sewaktu natal orang bakar sepatu tua untuk membuang sial tahun depannya.
Tertarik buat ngelakuin salah satu tradisi mereka?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Ada kesalahan di dalam gadget ini

SPARKLING BLOGS

Photobucket

Tombol Share

Blog Archive

Total Tayangan Laman

Follow this blog with Bloglovin

Follow on Bloglovin
Diberdayakan oleh Blogger.

Video Bar

Loading...

Translate

WELCOME TO MY BLOG

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©