Langsung ke konten utama

4 Sajian di Tahun Baru Imlek



TAHUN Baru Cina selalu dirayakan dengan menghidangkan makanan-makanan khas tradisi Imlek secara prasmanan. Dibalik kelezatan makanan tersebut, terdapat makna yang penting bagi keturunan Tionghoa.

Berikut ini adalah makanan  yang sering dihidangkan pada Tahun Baru Imlek yang dipercaya mewakili kesehatan, kekayaan, kesejateraan seperti diulas Yumsugar:


Telur Teh


Teh telur direbus dalam kaldu kecap gurih. Cangkang telur diretakkan saat telur setengah masak sehingga cairan kecap merembes masuk ke dalam telur. Makanan ini melambangkan kesuburan, sehingga dalam keluarga Cina, orang tua berharap anak-anaknya dapat bekerja sama dengan mereka sebagai simbolik perayaan Tahun Baru Imlek.

Jiaozi

Menu ini dikenal juga sebagai pangsit cina atau dim sum. Makanan ini adalah makanan utama dalam perayaan Tahun Baru Cina. Kulit pangsit diisi dengan daging berbetuk seperti dompet koin pada masa Dinasti Ming yang melambangkan uang dan kemakmuran.

Ayam utuh

Meskipun rasanya agak mengerikan melihat kepala ayam menatap Anda di meja makan, namun ini telah menjadi tradisi bagi masyarakat Cina yang dipercaya dapat  mendatangkan kebaikan. Seekor ayam utuh dapat mendatangkan hal yang baik di tahun yang akan datang terutama untuk menjaga keutuhan keluarga.

Mi

Tradisi dalam perayaan imlek menyatakan bahwa Anda tidak harus memotong mi karena untaian mi yang panjang melambangkan umur panjang pula. Putar dan slurp mi menggunakan sumpit agar mi tidak putus.



Makanan yang Tidak Boleh Disajikan Saat Imlek





Selain makanan yang wajib disajikan pada saat perayaan imlek tersebut, ada juga makanan yang tidak boleh disajikan atau dipantangkan dalam tradisi imlek, yaitu makanan bubur, sebab bubur dapat diartikan atau melambangkan kemiskinan atau kesusahan.

Sehingga walaupun hidangan ini sangat disukai, tetapi tidak boleh disajikan pada saat perayaan. Makanan jenis bubur ini  sangat dihindari  dan dijauhi karena diyakini akan menimbulkan ketidak beruntungan atau sial.

Selain bubur, hal yang tidak boleh dilakukan saat Imlek adalah membalik Ikan. Padahal ikan pasti dihidangkan saat Imlek, terlebih ikan bandeng. Namun yang dilarang adalah membalik posisinya saat hendak mengambil daging di sisi lain ikan tersebut.

Ikan diyakini secara utuh melambangkan kelebihan, kelimpahan, kemakmuran, dan kebersamaan. Ikan ini tidak boleh dibalik karena bisa menyebabkan sumber rezeki kita tumpah.

Karena itu, cara mengambil daging di baliknya adalah dengan mengangkat tulang punggung ikan. Ikan tidak boleh dihabiskan, harus disisakan untuk disimpan untuk acara makan besoknya karena kepercayaan bahwa kata  surplus sama dengan bunyi ikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taksonomi Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Apa itu Taksonomi ?? ..

Dalam biologi, taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam hierarki (tingkatan) untuk mengelompokkan makhluk hidup. Keenam hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhanClassis/Kelas,Ordo/Bangsa,Familia/Keluarga/Suku,Genus/Marga, danSpesies (Jenis).
Dalam tatanama binomial, penamaan suatu jenis cukup hanya menyebutkan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring (dicetak tegak jika naskah utama dicetak miring) atau ditulis dengan garis bawah. Aturan ini seh…

Teknik Mewarnai dengan Crayon

Banyak yg mengalami kesulitan ketika menggunakan crayon, terutama dalam hal kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, lalu tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka biasanya kita menggunakan tissue/sarung tangan untuk menutupi tangan kita ketika sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar cara mewarnai yang baik, dan apa aja yang diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon ada 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel merupakan krayon yang terbuat dari campuran minyak dan bubuk pewarna, sedangkan Crayon Wax merupakan krayon yang terbuat dari campuran lilin dan bubuk pewarna. Kedua jenis krayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita menengok kembali sejarah krayon, dahulu sebelum krayon diciptakan seniman lebih memilih menggunakan cat minyak dan akrilik sebag…

Macam Gerakan Dasar Tari Bali

Dasar-dasar tari bali ada 3, yaitu: 1. Agem
2. Tandang
3. Tangkep Pengertian agem, tandang, tangkep : 1. Agem Agem adalah sikap pokok dalam tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, yaitu agem kanan dan agem kiri. a. Agem kanan perempuan
• Kaki kiri didepan kaki kanan dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kiri diangkat
• Posisi pantat kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kanan sirang/sejajar mata, tangan kiri sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kanan
• Berat badan di kaki kanan b. Agem kiri perempuan
• Kaki kanan didepan kaki kiri dengan posisi kepojok
• Jarak antara kaki kiri dan kaki kanan satu genggam/kepal
• Jari kaki kanan diangkat
• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)
• Tangan kiri sirang/sejajar mata, tangan kanan sirang/sejajar susu
• Telapak tangan menghadap kedepan
• Sledet ke kiri
• Berat badan di kaki kiri  c. Agem kanan laki-laki
• Posisi kaki kiri didepan kaki kanan (kepojok)
• Jarak an…